Find Us On Social Media :

Kenapa Beli Soto Selalu Disediakan Jeruk Nipis? Ternyata Ini Maksudnya

Inilah jawabannya mengapa selalu ada jeruk nipis di setiap soto.

GridHEALTH.id - Soto adalah makanan tradisional Indonesia yang sangat lezat dan gurih. Belum lagi kaya kandungan nutrisi. Tapi tahukah mengapa soto selalu ditemani dan diberi jeruk nipis?

Para penjual soto selalu memberi tambahan jeruk nipis kepada pembeli, sayangnya banyak yang tidak sadar akan hal ini.

Karenanya, bagi yang tidak suka jeruk nipis, tentu tidak akan menggunakannya. Padahal sayang jika jerik nipis tersebut tidai digunakan.

Sebab ada kegunaan dan fungsinya jeruk nipis tersebut pada soto, yang tidak lain bagi kesehatan konsumen yang mengonsumsi soto.

Tahu kah? Buah berwarna hijau ini diketahui kaya akan vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lain yang membuatnya bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Tanda-tanda Kanker Prostat Stadium Akhir yang Perlu Diperhatikan

Melimpahnya nutrisi dalam jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi faktor risiko penyakit kronis, hingga menjaga kesehatan kulit.Selain itu, jeruk nipis juga mengandung Jeruk nipis mengandung vitamin C, vitamin B1, mineral, linalin asetat, cadinen, geranil asetat, kamfer, fellandren, dan asam sitrat.

Lalu apa hubungannya dengan soto?

Menurut dr. Zaidul Akbar, jika jeruk nipis berpengaruh positif untuk kesehatan, khusunya kolesterol.

Nah, pemakain jeruk nipis sangat cocok untuk soto karena dapat memperbaiki enzim.

Baca Juga: Jadi Pilihan Penting, Berikut Beberapa Gaya Hidup Sehat yang Perlu Dilakukan untuk Mengatasi Hipertensi

"Kenapa orang makan soto pakai jeruk nipis? karena pada soto sudah habis enzimnya, sotonya kalau anda lihat kan dipanasin kasih santan segala macam gitukan,kasih beginian (jeruk nipis) supaya dapat enzimnya," ujarnya.