Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Masyarakat Diimbau Tetap Taat Prokes

Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahun

 

GridHEALTH.id - 3 hari lagi kita semua akan merayakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang  diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahun.

HKN kali di 2022, dalam kondisi pandemi, adalah peringatan HKN ke-58.

HKn kali ini dijadikan kembali sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Bukannya apa-apa, saat ini kita semua penduduk dunia, juga Indonesia, masih dalam kondisi pandemi.

Masih di tahun ini pula, Indonesia terjadi kasus gagal ginjal akut, yang bersamaan dengan terdeteksinya kasus subvarian Covid-19 XBB.

Baca Juga: Demi Selamatkan Nyawanya, Ryan Reynolds Jalani Operasi Kolonoskopi Setelah Ditemukan Risiko Penyakit yang Menggerogoti Tubuhnya, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Karenanya menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha, “Ini adalah HKN ke-58 nanti tanggal 12 November. Ini arahnya kepada kita ingin menunjukkan bahwa memang pada saat kondisi terburuk kita harus bangkit kembali, kita harus pulih kembali. Kalau kita bangkit maka ekonomi juga akan kembali meningkat,” ujar Sekjen Kunta pada konferensi pers HKN ke-58 di gedung Kemenkes, Jakarta, Selasa (8/11).

Untuk 2022 ini, HKN mengusung tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’

Dikatakan Sekjen Kunta, saat ini adalah yang paling tepat melakukan reformasi atau perubahan-perubahan. HKN ke-58 menjadi peluang dalam mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih prima, lebih luas jangkauannya dan juga lebih cepat dalam memberikan layanan masyarakat.

Hal itu dilakukan melalui transformasi kesehatan dengan 6 pilar antara lain transformasi Layanan Kesehatan Primer, transformasi Layanan Rujukan, tansformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, transformasi SDM Kesehatan, dan transformasi Teknologi Kesehatan.

Tak boleh juga dilupakan, edukasi dan informasi untuk mengajak masyarakat tetap patuh dan taat prokes harus semakin digalakan.

Baca Juga: 6 Obat Antibiotik untuk Sakit Gigi, Mulai dari Golongan Penicillin yang Biasa Diresepkan Dokter