Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Kenali Subvarian Covid XBB dan Cara Pencegahannya

Di masa sekarang ini, baiknya hindari kerumunan. Terlebih bagi mereka yang berisiko.

GridHEALTH.id - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 nanti, jatuh pada 12 November 2022, temanya adalah ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’.

Tema ini arahnya ingin menunjukkan bahwa memang pada saat kondisi terburuk kita harus bangkit kembali, kita harus pulih kembali. Kalau kita bangkit maka ekonomi juga akan kembali meningkat.

Ya, kita masyarakat Indonesia saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Karena Covid-19 pula banyak sektor kehidupan yang belum stabil, terlebih ekonomi.

Saat ini pun kita harus lebih waspada dan ekstra hati-hati terhadap kesehatan, khususnya infeksi Covid-19. Bagimana tidak kini dunia, juga Indonesia sedang diserang oleh subvarian XBB.

Prihal subvarian XBB ini Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Erlina Burhan, Sp.P(K) mengatakan, sama seperti yang lainnya, dapat terdeteksi melalui tes antigen.

Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok dan Sakit Kepala, Begini Cara Mengobatinya

Apabila pasien dinyatakan positif, maka pemeriksaan akan dilajutkan dengan tes PCR.

Penting diperhatikan, XBB ini benar mempunyai kemampuan untuk menghindari antibodi.

Selain itu, kemampuan bertransmisinya pun cepat. Karenanya XBB sangat dan mudah menular.

Siapa paling berisiko terinfeksi XBB?

Menurut dr. Erlina, berdasarkan penelitian yang dilakukan pemerintah Singapura, risiko subvarian XBB paling tinggi untuk orang yang belum pernah terinfeksi.

Baca Juga: Pernah Tak Kunjung Menstruasi Berbulan-bulan, Shahnaz Haque Berhasil Sembuh dari Kanker Ovarium, Inilah Beberapa Cara Pengobatan yang Dapat Dilakukan