Find Us On Social Media :

Jangan Disepelekan, Ini Penanganan Pertama Kanker Paru yang Dilakukan!

Kanker paru adalah kondisi saat sel-sel di paru tumbuh berlebihan dan mengakibatkan tumor.

GridHEALTH.id - Kanker paru terjadi saat sel-sel yang ada di organ tubuh tersebut berkembang secara tidak terkendali.

Akibatnya, tumor tumbuh dan ini dapat memengaruhi kemampuan bernapas orang yang mengalaminya, bahkan bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Ada dua tipe kanker paru yang utama, yakni kanker paru sel kecil (SCLC) dan kanker paru non-sel kecil (NSCLC), ditentukan berdasarkan karakteristik di mikroskop.

Risiko penyakit kanker ini dimiliki semua orang. Tapi, dalam orang-orang yang merokok dan yang sering terpapar senyawa kimia berbahaya lah yang paling berisiko.

Penanganan pertama kanker paru

Apabila saat terdeteksi kondisinya sudah parah dan penanganan terlambat dilakukan, maka kanker paru dapat berakibat fatal.

Oleh karena itu, penanganan pertama kanker paru sangat penting dilakukan. Sehingga lebih besar kemungkinan untuk sembuh dari penyakit ini.

Melansir John Hopkins Medicine, operasi adalah bagian dari pengobatan yang dilakukan pada penyakit kanker stadium awal.

Jenis tindakan pembedahan yang dilakukan berdasarkan ukuran dan lokasi tumor berada di paru, hingga kondisi kesehatan pasien secara umum.

Operasi kanker paru dilakukan dengan membuat sayatan panjang di sisi dada, yang dikenal sebagai tindakan torakotomi.

Dalam sejumlah kasus, tumor stadium awal juga bisa ditangani dengan melakukan bedah toraks berbantuan video atau VATS, yang memerlukan sayatan kecil dan alat bedah panjang khusus.

Baca Juga: Kenali Gejala Kanker Paru Stadium 4, Seperti yang Sempat Dialami Kiki Fatmala