Find Us On Social Media :

Rendahnya Pemahaman Terkait Faktor Risiko Pneumonia, Prodia dan Pfizer Siap Bekerjasama Dalam Edukasi dan Layanan Vaksinasi Pneumonia

Gambaran paru-paru yang terkena pneumonia, kenali risikonya.

GridHEALTH.id – Pneumonia sebagai salah satu penyakit infeksi saluran pernapasan masih menjadi permasalahan di tengah masyarakat mengingat penyakit ini masih memakan banyak korban.

Di sisi lain, masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahaya yang diakibatkan dari adanya penyakit ini.

Pneumonia Dapat Menyerang Anak, Lansia, dan Usia Produktif

Pneumonia bisa menyerang siapa saja dan di mana saja, oleh karena itu masyarakat diharapkan dapat mulai menyadari dan mengenali penyakit ini.

Data WHO tahun 2021 menunjukkan 14% dari kematian semua anak-anak di bawah usia 5 tahun dan data UNICEF Indonesia menyebutkan penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada balita dan anak di dunia.

Sehingga dapat dikatakan anak memiliki risiko besar terkena penyakit ini, ditambah dengan kondisi tubuh anak yang belum memiliki sistem imunitas tubuh yang sempurna.

Pada dewasa, seiring bertambahnya usia maka tingkat kekebalan tubuh pun akan menurun, sehingga risiko terinfeksi pneumonia pun akan tetap ada, ditambah dengan data dari

Meski gejala yang ditimbulkan dari pneumonia pada orang dewasa dan anak cenderung berbeda sedikit, namun gejala pneumonia dapat muncul secara tiba-tiba atau berlangsung selama berminggu-minggu.

Pneumonia Dapat Dicegah dengan Vaksinasi

Pneumonia tercatat menjadi salah satu penyakit infeksi yang banyak menyebabkan kematian, dengan data secara global disebutkan lebih dari 740.000 anak di bawah 5 tahun pada tahun 2019.

Selain itu pneumonia membutuhkan obat antibiotik yang memerlukan biaya tidak sedikit, padahal penyakit ini dapat dicegah dan diobati. Sehingga aspek pencegahan akan jauh lebih efektif dibandingkan jika seseorang sudah terkena pneumonia.

Baca Juga: Risiko Pneumonia di Era New Normal, Siapapun dan Dimanapun Berisiko