Find Us On Social Media :

Usia 40 Tahun Hindari Kentang Goreng, Kecuali Cara Mengolahnya Seperti Ini

Kentang goreng baiknya dihndari bagi mereka yang usianya di atas 40 tahun.

GridHEALTH.id - Siapa yang tidka kenal dan menyikai kentang goreng, rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah selalu menggoda untuk disantap saat suntuk ataupun santai. Tapi mereka yang usianya di atas 40 baiknya hindari. Kenapa?

Kentang goreng atau yang sering dikenal dengan french fries merupakan camilan yang sangat populer digemari oleh banyak kalangan masyarakat.Meskipun kentang sebagai bahan utamanya berasal dari makanan rendah kalori serta rendah lemak, kentang goreng umumnya tinggi lemak, kalori dan natrium. Asal tahu saja, dalam satu mangkok kentang goreng rumahan, terdapat 359 kalori, yang terdiri dari 46% lemak, 50% karbohidrat, 5% protein.

Penting juga diperhatikan, kentang goreng pun ditengarai bisa merusak metabolisme dan membuat seseorang sukar mempertahankan diet seimbang.

Baca Juga: Tak Hanya Memperlancar ASI, Ini Manfaat Lain Daun Kelor, Cara Mengolahnya Harus Benar

Apalagi kita tahu, penurunan berat badan bisa menjadi lebih sulit bagi perempuan seiring bertambahnya usia. Salah satu alasannya adalah fakta bahwa metabolisme tubuh secara alami melambat.Ahli diet terdaftar Catherine Gervacio menjelaskan, kentang goreng yang dianjurkan untuk dihindari orang di atas 40 tahun adalah kentang goreng dari gerai cepat saji.

Camilan itu asin dan lezat, dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.Efeknya termasuk penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Dalam skala yang lebih kecil, terlalu sering makan kentang goreng dapat memicu penambahan berat badan yang tidak diinginkan, mengingat makanan itu tinggi lemak dan kalori, namun tidak punya nilai gizi."Kentang goreng adalah makanan berkalori kosong, yang berarti tidak mengandung nutrisi yang substansial. Hanya memberi kalori yang tidak akan membantu manajemen berat badan dan kesehatan secara umum," kata Gervacio, dikutip dari laman She Finds, Selasa (15/11/2022), dikutp dari Republika.co.id (15/11/2022).

Baca Juga: Konsep Kedokteran Gigi Berubah, Tidak Mencabut Gigi Tapi Mempertahankannya

Fakta Gizi Kentang GorengBerikut adalah fakta gizi yang dimiliki oleh kentang goreng dilansir oleh Very Well Fit, dikutip dari Yesdok (21/01/2021)* LemakMenurut data yang diperoleh dari USDA (United States Department of Agriculture), kentang goreng umumnya mengandung sekitar 13 gram lemak per hidangan. Ini termasuk 1,8 gram lemak jenuh, 5,4 gram tak jenuh ganda dan 5,4 gram lemak tak jenuh tunggal. * Karbohidrat

Baca Juga: 6 Langkah yang Bisa Diupayakan untuk Mencegah Ambeien Menyakitkan