Find Us On Social Media :

Wajib Dicatat, Obat Antibiotik Untuk Ibu Hamil yang Aman Digunakan

Hati-hati mengonsumsi antibiotik di saat hamil. Patuhi petunjuk dokter.

GridHEALTH.id - Selama kehamilan, bayi mendapatkan oksigen, darah, dan nutrisi melalui organ yang disebut plasenta. Organ ini berfungsi sebagai penyaring bayi, tetapi beberapa obat juga dapat melewatinya dan memengaruhi pertumbuhan bay.

Inilah sebabnya mengapa ibu hamil memiliki banyak petunjuk untuk berhati-hati dengan obat-obatan, obat-obatan, dan obat-obatan yang dijual bebas.Kita mungkin sakit karena infeksi bakteri saat hamil sehingga tubuh membutuhkan obat untuk membantu melawannya.

Doktermungkin memberi antibiotik. Beberapa jenis antibiotik aman dikonsumsi selama kehamilan. Tetapi beberapa antibiotik tidak boleh digunakan selama kehamilan karena dapat menyebabkan masalah pertumbuhan atau masalah kesehatan lainnya pada bayi.

Risiko Mengonsumsi Antibiotik Saat HamilAntibiotik penting untuk membantu tubuh melawan infeksi bakteri. Beberapa jenis antibiotik mungkin tidak aman selama kehamilan, termasuk Tetrasiklin, Fluoroquinolones, Streptomisin, Kanamisin, Aminoglikosida dan MetronidazolAntibiotik ini dapat membahayakan bayi dan dapat menyebabkan efek samping seperti gigi bernoda atau memperlambat pertumbuhan tulangnya.Biasanya antibiotik memiliki efek samping. Ini biasanya mempengaruhi lambung dan usus dan termasuk mual, muntah, diare, gas, kembung, sakit perut dan kehilangan selera makanSistem kekebalan kita bertindak berbeda saat  hamil. Adalah umum untuk mudah sakit karena infeksi. Infeksi selama kehamilan bisa menjadi serius dan dapat menyebabkan bayi mengalami penyakit yang mengancam jiwa.

Jika infeksi tidak diobati, itu juga dapat menyebabkan persalinan dini, lahir mati, kematian bayi baru lahir, atau masalah pada organ bayi.Dokter mungkin memberi antibiotik untuk infeksi. Penting untuk minum obat sesuai petunjuk. Ada antibiotik yang dapat kita konsumsi dengan aman selama kehamilan. Ini termasuk penisilin, ampisilin, amoksisilin, klindamisin dan eritromisin.

Cara terbaik untuk meminum antibiotik adalah dengan mengikuti petunjuk dokter. Karena antibiotik telah digunakan terlalu banyak di masa lalu, dokter mungkin berhati-hati dengan apa yang mereka berikan kepada kita.

Baca Juga: 5 Jenis Antibiotik Pada Anak yang Aman Diberikan dan Dosis Pemakaiannya

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Penyakit Asam Urat Berikut Ini, Jangan Disepelekan!

Dokter akan memilih jenis yang terbaik untuk ibu hamil. Mereka mungkin memikirkan faktor lain sebelum memberi kita antibiotik. Ini mungkin termasuk:

- Menghindari antibiotik pada trimester pertama

- Pengujian untuk mengkonfirmasi jenis infeksi

- Pemberian dosis sekecil mungkin