Find Us On Social Media :

Kenali Tanda-tanda Penyakit Asam Urat Berikut Ini, Jangan Disepelekan!

Sakit pada sendi, salah satu tanda penyakit asam urat yang tidak boleh disepelekan.

GridHEALTH.id -  Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit, termasuk jenis radang sendi yang menyakitkan yang disebut asam urat. Peningkatan kadar asam urat juga terkait dengan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal.Asam urat terbentuk ketika purin terurai dalam tubuh. Purin adalah bahan kimia yang ditemukan dalam makanan tertentu. Ini biasanya termasuk daging merah, jeroan, seafood, dan kacang-kacangan, utamanya kacang polong.

Biasanya, tubuh akan mengeluarkan asam urat dengan sendirinya saat kita buang air kecil. Hiperurisemia terjadi ketika tubuh membuat terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dalam jumlah yang cukup. Ini biasanya terjadi karena ginjal tidak membuangnya dengan cukup cepat.Kelebihan kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan pembentukan kristal. Meskipun ini dapat terbentuk di mana saja di tubuh, mereka cenderung terbentuk di dalam dan di sekitar persendian dan di ginjal.

Sel darah putih pertahanan tubuh  dapat menyerang kristal, menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

Penyakit asam urat dapat memengaruhi sendi mana pun di tubuh,, tetapi sering kali kambuh pertama kali muncul di jempol kaki.

Kaki, pergelangan kaki, lutut, dan siku juga merupakan tempat umum asam urat.Serangan asam urat cenderung terjadi secara tiba-tiba, seringkali pada malam hari. Intensitas serangan memuncak dalam waktu sekitar 12 hingga 14 jam. Bahkan tidak diobati, serangan asam urat biasanya mereda dalam waktu dua minggu.Tanda-tanda penyakit asam urat yang perlu diwaspadai adalah;

- Sakit parah pada persendian

- Kekakuan sendi

- Kesulitan menggerakkan sendi yang terkena

Baca Juga: Lansia Juga Bisa Terserang Asam Urat, Ini Gejala yang Perlu Diwaspadai

Baca Juga: 4 Cara Memperkuat Kekebalan Tubuh Saat Musim Hujan Segera Tiba

- Kemerahan dan bengkak

- Sendi cacatSiapa yang berisiko mengalami asam urat?Siapa pun dapat mengalami penyakit asam urat, tetapi lebih sering terjadi pada pria daripada wanita dan risiko meningkat seiring bertambahnya usia. Kita  juga lebih mungkin mendapatkannya jika keturunan Pulau Pasifik atau Afrika-Amerika.Beberapa faktor risiko yang berhubungan dengan penyakit asam urat adalah penggunaan alkohol, beberapa obat, terutama obat untuk penyakit jantung, paparan timah, dan paparan pestisida.