Find Us On Social Media :

Catat, Ternyata Ini Dia Penyebab Utama Biduran yang Perlu Diketahui

Penyebab utama biduran antara lain makanan dan reaksi kimia dari obat-obatan tertentu.

GridHEALTH.id - Biduran atau urtikaria,  disebut juga hives adalah gatal-gatal berupa benjolan merah atau berwarna kulit yang bengkak pada kulit yang dapat muncul dan hilang dengan cepat, dan rasa gatal dapat berkisar dari ringan hingga parah.

Dalam beberapa kasus, mereka juga bisa terasa membakar atau menyengat. Mereka dapat muncul di mana saja di tubuh, termasuk tangan, wajah, bibir, telinga, tenggorokan, atau lidah. Biduran mempengaruhi sekitar 20% orang di beberapa titik dalam hidup mereka.

Biduran tidak menular, namun, terkadang bisa bertahan selama berhari-hari, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun!

Ada banyak jenis biduran, yaitu aku dan kronis

1. Urtikaria akutJenis biduran yang paling umum, gejalanya berlangsung kurang dari enam minggu dan dapat disebabkan oleh gigitan serangga, obat-obatan, infeksi, beberapa penyakit dalam atau mengonsumsi makanan seperti kacang, cokelat, ikan, tomat, telur, beri atau susu.

Bahkan obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen atau obat penghilang rasa sakit tertentu dapat menyebabkan biduran akut. Mereka biasanya memengaruhi wajah, jari kaki, jari tangan, leher, dan terkadang bahkan alat kelamin pria.

2. Urtikaria kronis

Dapat  bertahan lebih dari enam minggu. Penyebabnya sulit diidentifikasi dan seringkali tidak mungkin.

Namun, dalam beberapa kasus, penyebab urtikaria kronis dapat dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh atau penyakit seperti tiroid, hepatitis, atau bahkan kanker.

Gatal-gatal kronis dapat memengaruhi seseorang karena tidak nyaman dan memalukan serta dapat mengganggu tidur dan kehidupan sehari-hari seseorang.

Apa penyebab utama biduran?

Baca Juga: Cari Tahu, Seberapa Berkhasiat Obat Biduran TCM yang Sering Digunakan