Find Us On Social Media :

Cara Mengatasi Ruam dan Bengkak Karena Biduran dengan Bahan Alami

Baking soda untuk mengatasi ruam dan bengkak karena biduran.

GridHEALTH.id - Biduran bisa disebabkan oleh sinar matahari, panas, dingin, tekanan, stres, infeksi virus, atau obat-obatan.

Hal lain yang dapat menyebabkan gatal-gatal akibat biduran termasuk serbuk sari, debu, bulu, tungau debu, kerang, dan makanan lainnya.

Antihistamin sederhana dapat membantu mengurangi reaksi alergi yang menyebabkan gatal-gatal.

Pilih salah satu obat yang tidak menyebabkan kantuk. Sementara kita membiarkan obatnya bekerja, cobalah perawatan rumahan praktis di bawah ini untuk bantuan tambahan.

- Kecuali kita memiliki gatal-gatal yang dipicu oleh dingin (yang jarang terjadi), mandi air dingin atau gunakan kompres dingin. Dingin mengecilkan pembuluh darah dan menghalangi pelepasan histamin lebih lanjut.

Untuk lebih menghilangkan rasa gatal, tambahkan oatmeal koloid ke dalam air mandi dan rendam selama 10 hingga 15 menit. (Hati-hati saat keluar dari bak mandi, bagaimanapun, oatmeal yang ditumbuk halus itu menjadi licin.)

- Oleskan bekas luka dengan losion kalamin atau witch hazel. Astringen ini membantu mengecilkan pembuluh darah, sehingga histamin tidak bocor terlalu banyak.

Alternatif untuk losion kalamin adalah susu magnesia atau Pepto-Bismol. Karena bersifat basa, mereka membantu menghilangkan rasa gatal.

- Dalam cangkir kecil, tambahkan beberapa tetes air ke soda kue dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta pada gatal-gatal untuk membantu menghentikan iritasi dan mengurangi rasa gatal.

- Apakah kita memiliki krim tartar di lemari dapur? Mungkin itu yang kita butuhkan untuk meredakan gatal-gatal. Buat pasta seperti di atas dan terapkan.

- Campurkan 1 sendok teh segala jenis cuka dengan 1 sendok makan air hangat dan oleskan campuran tersebut ke gatal-gatal dengan bola kapas atau tisu untuk meredakan gatal.

- Obat tradisional Tiongkok kuno untuk gatal-gatal membutuhkan rebusan seperempat cangkir gula merah dan satu sendok makan jahe segar dalam tiga perempat cangkir cuka selama beberapa menit. Campur sedikit dengan air hangat dan oleskan beberapa kali sehari.