Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Penggunaan Antibiotik Untuk Anak-anak

Penggunaan antibiotik pada anak-anak harus hati-hati.

GridHEALTH.id - Menggunakan antibiotik ketika itu bukan obat yang tepat tidak akan membantu. Bahkanm dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Mengapa? Karena antibiotik hanya mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus. Plus, seperti semua obat, antibiotik memiliki efek samping.Sebelum meresepkan antibiotik, dokter anak  akan mencari tahu apakah itu obat yang tepat untuk mengatasi infeksi anak kita.

Dilansir dari Healthy Children Organization, berikut adalah 10 pertanyaan umum dari orangtua tentang penggunaan antibiotik untuk anak-anak;

1. Anak saya menderita flu yang sangat parah. Mengapa dokter tidak meresepkan antibiotik?

 Pilek hampir selalu disebabkan oleh virus. Antibiotik hanya mengobati bakteri. Secara umum, gejala pilek yang paling umum seperti pilek, batuk, dan hidung tersumbat akan membaik tanpa menggunakan obat apa pun.

Banyak anak kecil, terutama yang berada di penitipan anak,  bisa terkena 6 hingga 8 pilek per tahun.2. Apakah beberapa pilek tidak berubah menjadi infeksi bakteri? Jadi mengapa menunggu untuk memulai antibiotik?Dalam kebanyakan kasus, infeksi bakteri tidak mengikuti infeksi virus. Mengobati infeksi virus dengan antibiotik hampir tidak pernah mencegah infeksi bakteri; Namun, mereka malah dapat menyebabkan diare atau efek samping lainnya.3. Hidung mengeluarkan ingus berwarna kuning atau hijau bukan tanda infeksi bakteri?Lendir kuning atau hijau di hidung tidak secara otomatis berarti diperlukan antibiotik. Selama flu biasa, biasanya lendir dari hidung menjadi kental dan berubah dari bening menjadi kuning atau hijau. Ini paling sering dari infeksi virus, yang dapat bertahan hingga 10 hari.

Sinusitis adalah istilah yang berarti radang selaput hidung dan sinus. Virus atau alergi dapat menyebabkan sinusitis dan, dalam beberapa kasus, bakteri dapat menjadi penyebabnya.

Anak mungkin menderita sinusitis bakteri jika memiliki tanda-tanda berikut:

Baca Juga: Ternyata Begini Cara dan Dosis Penggunaan Antibiotik yang Benar

Baca Juga: Cari Tahu, Seberapa Berkhasiat Obat Biduran TCM yang Sering Digunakan

- Gejala pilek yang berlangsung lebih dari 10 hari dan tidak kunjung membaik

- Lendir kuning atau hijau kental dengan demam lebih tinggi dari 102 ° F (39 ° C) selama setidaknya 3 atau 4 hari

- Nyeri wajah disertai demam