Find Us On Social Media :

Begini Cara Mengatasi Biduran Pada Bayi dengan Pengobatan Alami

Bila memberi bedak gatal pada bayi biduran, perhatikan cara pakainya.

GridHEALTH.id - Bayi mungkin mengalami benjolan di kulitnya tanpa alasan yang jelas. Ini mungkin gatal-gatal, disebut urtikaria dalam dunia medis.Bercak kulit yang terangkat ini mungkin merah dan bengkak dan hilang dalam beberapa jam, hari, atau minggu. Mereka biasanya sangat gatal. Ruam lain pada bayi mungkin tampak mirip dengan gatal-gatal.Biduran biasanya muncul jika anak terkena alergen, infeksi, gigitan serangga, atau sengatan lebah.

Jika anak sudah cukup besar, obat-obatan seperti antihistamin dapat membantu mengobati gatal-gatal. Mereka mungkin juga pergi dengan sendirinya.

Biduran mungkin terlihat seperti gigitan serangga. Mereka dapat diisolasi ke satu tempat di tubuh bayi atau menyebar ke seluruh tubuh. Benjolan mungkin berukuran antara setengah inci atau beberapa inci.Lokasi gatal-gatal yang umum ada di wajah, tangan, kaki, dan alat kelamin, tetapi bisa muncul di mana saja di tubuh. Biduran bisa hilang di satu tempat dan muncul di bagian tubuh lain beberapa saat kemudian.Bayi  mungkin mengalami gatal-gatal untuk jangka waktu yang berbeda. Gatal-gatal akut dapat berlangsung dari beberapa jam hingga berminggu-minggu. Terkadang, gatal-gatal bisa bertahan lebih dari enam minggu. Ini dikenal sebagai gatal-gatal kronis.Gatal-gatal dapat mempengaruhi lebih dari sekedar permukaan kulit. Gejala di luar kulit meliputi mual, muntah, dan sakit perut.Perhatikan bahwa gatal-gatal juga bisa menjadi salah satu tanda kondisi yang lebih serius yang disebut anafilaksis atau syok anafilaksis.Meskipun jarang terjadi pada bayi, syok anafilaktik adalah reaksi yang sangat parah dan dapat menyebabkan bayi  mengalami kesulitan bernapas, pembengkakan tenggorokan, dan kehilangan kesadaran, di antara gejala lainnya. Itu membutuhkan perawatan medis segera.Awasi ruam bayi, dan hubungi dokter sebelum merawat bayi dengan obat apa pun. Sebagian besar obat tidak memiliki petunjuk dosis untuk bayi dan sebagian besar biduran pada bayi tidak membutuhkan obat medis.

Untuk memastikan suatu obat aman dan untuk mengetahui berapa banyak yang harus diberikan, bicarakan dengan dokter.

Baca Juga: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Biduran Pada Bayi, Jangan Dibiarkan!

Baca Juga: Healthy Move, Jenis Olahraga yang Dapat Membantu Memperpanjang Umur

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Garam, Batasi Demi Kesehatan Karena Bisa Sebabkan Tekanan Darah Tinggi

 

Dokter  mungkin menyarankan kita merawat biduran bayi di rumah. Biduran seringkali akan hilang dengan sendirinya dan tanpa perawatan lain.Orangtua mungkin dapat mengobati gatal-gatal bayi di rumah dengan pengobatan alami;

- Menjauhkan bayi  dari apa pun yang mungkin memicu ruam. Karena gatal-gatal pada bayi paling sering disebabkan oleh virus, hal ini mungkin tidak diperlukan atau tidak mungkin dilakukan.

- Memberikan bedak antigatal. Namun perhatikan benar cara pakainya agar serbuknya tidak terhirup oleh bayi.

- Menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat gatal-gatal.

Jika pengobatan rumahan tidak menenangkan gatal-gatal, hubungi dokter lagi. (*)