Find Us On Social Media :

Healthy Move, Jenis Olahraga yang Dapat Membantu Memperpanjang Umur

Olahraga setiap hari membantu kita untuk tetap bugar dan bisa mencapai panjang umur.

GridHEALTH.id - Jika tujuan kita adalah hidup sampai usia 100 tahun, tetap aktif dapat membantu kita mencapainya. Ini bukan impian bohong.

"Kebugaran fisik merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan jika Anda tertarik dengan umur panjang," kata Nathan LeBrasseur, profesor kedokteran fisik dan rehabilitasi di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota.

Dia menjelaskan kepada Times (21/11/2022) bahwa, "Olahraga adalah strategi pertahanan dan perbaikan terbaik yang kita miliki untuk melawan penyebab penuaan yang berbeda."

Tampaknya ada bukti yang mendukung teori ini. The American Heart Association (AHA) melaporkan bahwa kematian sebanding dengan kebugaran kardiorespirasi (kemampuan jantung dan paru-paru kita untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh  selama berolahraga).

Ini karena olahraga meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan otot Anda, lapor WebMD.

Aktivitas aerobik adalah salah satu cara untuk meningkatkan kondisi kardiovaskular, dan aktivitas semacam ini termasuk joging, jalan kaki, hiking, berenang, mendayung, bersepeda, kelas aerobik, aerobik langkah, olahraga apa pun yang meningkatkan detak jantung, dan menggunakan mesin latihan seperti treadmill atau elips.

Baca Juga: Healthy Move, Masih Bingung Cara Berolahraga? Simak Aturan Beraktivitas Fisik yang Baik dari Kementerian Kesehatan!

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Garam, Batasi Demi Kesehatan Karena Bisa Sebabkan Tekanan Darah Tinggi

Sementara kardio dikaitkan dengan hidup lebih lama, kita dapat meningkatkan manfaatnya dengan menambahkan latihan kekuatan.

Setidaknya itulah yang disarankan oleh sebuah penelitian. Studi tahun 2022, yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, mengungkapkan bahwa latihan aerobik sedang hingga berat yang dikombinasikan dengan angkat beban dikaitkan dengan tingkat kematian 41% lebih rendah.Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan agar orang dewasa melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu, dan mereka harus berlatih kekuatan setidaknya dua hari per minggu.

Latihan kekuatan harus melibatkan semua kelompok otot besar di tubuh (kaki, pinggul, punggung, bahu, perut, dan lengan) dan kita harus menyelesaikan tiga set latihan yang mencakup delapan hingga 12 repetisi.

Kita ahu bahwa kita bekerja dengan jumlah beban yang tepat jika pengulangan terakhir cukup berat sehingga kita tidak dapat melakukannya sendiri.