Find Us On Social Media :

Macam-macam Rebusan Daun yang Bagus Untuk Atasi Kolesterol Jahat

Menurunkan kolesterol dengan minum rebusan daun salam setiap hari.

GridHEALTH.id - Kolesterol sebagai penyakit yang umum didengar oleh masyarakat namun masih banyak yang mungkin belum mengenali manajemen penyakit ini dengan baik.

Penyakit ini akan sangat bergantung pada gaya hidup penderitanya, sehingga saat seseorang memiliki riwayat penyakit kolesterol maka penting untuk melakukan upaya pencegahan.

Pencegahan kolesterol sangat mungkin dilakukan dan ada beragam bentuknya, salah satunya adalah dengan menggunakan rebusan daun yang bagus untuk kolesterol. Berikut ini ulasannya.

Mengenal Kolesterol Jahat

Kolesterol pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang secara alami di dalam darah, dengan fungsinya yang baik untuk tubuh. Secara umum kolesterol dikenal ada dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).

Akan menjadi masalah dan menimbulkan penyakit, jika kadar kolesterol jahat meningkat dari yang seharusnya karena berisiko terjadinya timbunan lemak atau plak yang membuat penyumbatan pada aliran darah hingga terbentuk komplikasi seperti stroke dan serangan jantung.

Penyebab Kolesterol Jahat Meningkat

Konsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang berlebih akan dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dalam darah seseorang.

Contoh dari lemak jenuh dan lemak trans dapat ditemukan pada produk susu, daging olahan seperti nuget, sosis, bakso, dan lainnya.

Rebusan Daun yang Bagus Untuk Kolesterol

Disebut-sebut berkhasiat dan memiliki manfaat baik, berikut ini daftar rebusan daun yang bagus untuk kolesterol, yaitu:

Baca Juga: Berikut Ciri-ciri Orang Terkena Kolesterol Tinggi, Jangan Tunggu Parah

1. Daun Salam

Rebusan daun salam disebut baik untuk kolesterol karena dapat mengurangi glukosa serum, kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, serta sebaliknya dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada penderita diabetes tipe-2. Mulailah dengan merebus 20 gram daun salam dalam 400 ml air selama 15 menit.

2. Daun Kelor –

Rebusan daun yang bagus untuk kolesterol lainnya adalah daun kelor karena menganduk rendah lemak dan tidak ada kolesterol berbahaya, juga kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng. Mulailah untuk rutin mengonsumsinya.

3. Daun Avokad –

Daun avokad juga disebut dapat menjadi rebusan daun untuk kolesterol setelah adanya penelitian yang menunjukkan air rebusan daun avokad mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh.