Find Us On Social Media :

Ternyata Begini Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi

Agar biduran tidak kambuh lagi, hindari pemicunya seperti berada di udara dingin.

GridHEALTH.idBiduran, juga disebut urtikaria, biasanya dimulai dengan rasa gatal. Sulit untuk menahan rasa gatal itu, dan ketika kita menggaruknya, kulit akan mengembangkan bekas luka yang sangat mirip dengan gigitan nyamuk.

William Culver, MD, seorang ahli alergi dan imunologi dewasa dan anak di Banner Health Clinic di Loveland, California, AS, berkata, “Bidang-gatal relatif umum terjadi. Hingga 20 persen orang mengembangkannya di beberapa titik dalam hidup mereka.Banyak orang mengalami gatal-gatal akut, ini hanya berlangsung selama beberapa jam atau hari sebelum sembuh, meski mungkin muncul lagi nanti. Beberapa orang mengalami gatal-gatal kronis, yang berkembang dua atau tiga kali seminggu selama lebih dari enam minggu.“Biduran sering disebut 'alergi', tetapi seringkali, alergi tidak berperan,” kata Dr. Culver.Tetapi seringkali, ketika muncul biduran, kita tidak tahu dengan tepat apa penyebabnya. Dan terlepas dari apa yang mungkin pernah kita dengar, jarang terjadi biduran akibat kontak dengan deterjen, losion, atau kain.

Ini dapat terjadi sesekali, tetapi biasanya mudah dikenali karena biduran hilang saat berhenti menggunakan produk. Jika kita rentan terhadap gatal-gatal, perkenalkan produk baru secara perlahan untuk melihat reaksinya.“Penting untuk mencoba mengidentifikasi apa yang menyebabkan gatal-gatal Anda, tetapi itu tidak selalu memungkinkan. Sayangnya, frustasi ketika Anda tidak tahu apa yang memicu gatal-gatal Anda, ”kata Dr. Culver.

Jika gatal-gatal menjadi kronis dan kita belum mengidentifikasi pemicunya, kecil kemungkinan kita akan mengetahui penyebabnya, dan mengendalikannya adalah pilihan terbaik kita.

Antihistamin adalah pilihan terbaik untuk mengobati gatal-gatal. Bicaralah dengan dokter  tentang dosis antihistamin yang tepat untuk membantu mengendalikan gatal-gatal akibat biduran.

Selain pengobatan, Dr. Culver mengemukakan saran lain agar biduran tidak kambuh lagi. Yaitu dengan mengetahui apa penyebab gatal-gatal untuk kemudian mencoba menghindari pemicu tersebut.

Jika  kita tidak dapat mengetahui penyebabnya, mengonsumsi antihistamin secara teratur dapat mencegah atau mencegahnya menjadi begitu parah.Kita juga dapat mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan gatal-gatal saat wabah terjadi:

Baca Juga: Ini Dia Hal yang Harus Dihindari Saat Menderita Biduran di Kulit

Baca Juga: Healthy Move, 3 Jenis Latihan Terbaik untuk Psoriatic Arthritis

 Baca Juga: Pentingnya Perlindungan Khusus Pada Kelompok Rentan di Era Pandemi Covid-19

- Hindari menggaruk agar biduran tidak semakin parah. Kadang-kadang, ketika gatal-gatal sedang melebar, hanya dengan membelai kulit dapat menyebabkannya meletus.

- Kenakan pakaian longgar karena tempat-tempat di mana ikat pinggang, tali atau kain menyentuh kulit dapat rentan terhadap gatal-gatal selama jangkitan.