Find Us On Social Media :

Sederet Makanan Penyebab Kanker Prostat yang Perlu Dihindari

Inilah sederet makanan penyebab kanker prostat, mulailah untuk membatasinya.

GridHEALTH.id – Makanan menjadi sumber nutrisi yang diperlukan tubuh, dengan ada banyaknya jenis makanan saat ini, seseorang dituntut untuk dengan bijak memilih makanan yang dikonsumsi agar mendapatkan manfaat untuk tubuh.

Sejatinya makanan yang tidak sehat hanya akan memberikan dampak buruk pada tubuh dan berisiko terjadinya suatu penyakit, salah satunya adalah kanker prostat.

Dalam ulasan ini akan dibahas mengenai makanan penyebab kanker prostat dan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi.

Pengertian Kanker Prostat

Kanker jenis ini menjadi salah satu kanker yang banyak terjadi pada pria dan biasanya baru akan menimbulkan gejala saat memasuki usia lanjut.

Oleh karenanya, seorang pria perlu mengenali penyakit ini dan sebisa mungkin lakukan pencegahan sejak dini, salah satunya melalui pembatasan terhadap makanan penyebab kanker prostat.

Ada beragam penyebab dan faktor risiko yang membuat seorang pria dikategorikan lebih rentan, namun dalam beberapa penyebab ada juga yang berkaitan dengan gaya hidup, seperti konsumsi alkohol berlebih dan obesitas. Kondisi inilah yang perlu dihindari, bisa dimulai dengan mengenal makanan yang boleh dan tidak.

Makanan Penyebab Kanker Prostat

Berikut ini beberapa sumber makanan penyebab kanker prostat yang dilansir dari berbagai sumber, yaitu:

- Daging merah dan daging olahan

Dalam daging yang dimasak dengan suhu tinggi atau dipanggang mengandung amina heterosiklik (HCA), sebagai karsinogen yang dikaitkan dengan perkembangan beberapa jenis kanker. Contoh dagingnya adalah daging sapi, babi, hotdog, hingga sosis.

Baca Juga: Tanda-tanda Terkena Kanker Prostat pada Laki-laki, Cegah Sebelum Telat

- Produk susu tinggi lemak

Konsumsi produk susu dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat, sehingga lebih disarankan untuk mengonsumsi susu jenis skim atau bebas lemak dan rendah lemak agar lebih baik untuk kesehatan prostat.

- Alkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah besar berisiko terkena kanker prostat, didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan peminum berat, yaitu lebih dari tiga gelas sehari atau lebih dari 20 gelas seminggu, dua kali lebih berisiko dari peminum sedang.

- Makanan mengandung lemak jenuh

Mengurangi lemak jenuh bermanfaat bagi prostat dan jantung, serta kesehatan secara keseluruhan, dengan demikian tubuh lebih banyak memiliki ruang untuk serat dan tanaman padat nutrisi. Beberapa sumber lemak jenuh adalah daging, makanan yang dipanggang, makanan olahan, produk susu, dan lainnya.