Find Us On Social Media :

Ciri-ciri Awal Orang Terkena Kolesterol dan Cara Mencegah Sebelum Terlambat

Ciri-ciri terkena kolesterol dapat dilihat di berbagai bagian tubuh, salah satunya pada kulit.

GridHEALTH.id - Pada dasarnya kolesterol tinggi sangat erat kaitannya dengan gaya hidup seseorang, sehingga langkah pencegahan menjadi hal yang penting dilakukan.

Kenali ciri-ciri terkena kolesterol berikut ini dan jangan lengah karena dapat menyebabkan komplikasi yang berisiko pada kematian.

Pengertian Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi merujuk pada kondisi di mana kadarnya dalam darah cukup tinggi dan telah menyebabkan masalah kesehatan, hingga tanpa disadari mengalami komplikasi seperti stroke dan jantung.

Salah satu jenis kolesterol yaitu lipoprotein densitas rendah (LDL), yang berkontribusi pada penumpukan plak lemak, kondisin ini tidak dapat didiamkan begitu saja karena plak berlebih pada dinding pembuluh darah dapat menyebabkan penyumbatan dan berisiko terjadi pecah pembuluh darah dalam waktu lama serta tak terduga.

Ciri-ciri Terkena Kolesterol

Orang yang terkena kolesterol dapat mengetahui secara pasti memiliki risiko terkena kolesterol atau tidak hanya melalui tes lipid.

Akan tetapi ada beberapa tanda yang menjadi ciri-ciri terkena kolesterol dilihat dari berbagai bagian dan kondisi tubuh, seperti:

1. Mudah mengantuk

2. Kesemutan

Baca Juga: Perhatikan Baik-baik, Ini Tanda Kolesterol Tinggi yang Dilihat dari Kulit

3. Nyeri dada dan kaki

4. Pegal pada tengkuk atau pundak

5. Kram