Find Us On Social Media :

Bolehkah Penderita GERD Makan Ubi yang Dikenal Baik untuk Asam Lambung

Diekenal baik bagi asam lambung, tapi ubi untuk penderita GERD harus dijauhi.

GridHEALTH.id - Ubi dan GERD adalah dua kata yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Tapi tahukah mereka mempunyai keterkaitan yang harus diketahii dan diperhatikan demi kesehatan kita.

Ubi oleh orahg Indonesia dikenal sebagai makanan pokok ke dua.

Karena ubi mengandung karbohidrat tinggi, juga bisa banyak divariasikan menjadi makanan yang enak juga mengenyangkan seperti beras yang dibuat nasi.

Selain itu, ubi pun dikenal makanan yang baik bagi seseorang yang memiliki masalah asam lambung.Beberapa sumber menerangkan jika ubi ungu baik bagi orang-orang yang memiliki masalah pada lambungnya.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan, dan 6 Penyebabnya

Serat yang didapatkan dengan mengonsumsi ubi ungu beserta kulitnya memiliki manfaat untuk mencegah sembelit.

Tapi bagaimana dengan kasus GERD?

GERD menurut dr. Kaka Renaldi, Sp.PD, selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, kepada GridHEALTH.id (28/10/2021), suatu akibat sensasi tidak nyaman yang diakibatkan asam lambung naik atau refluk ke tenggorokan dan ditandai dengan heartburn (sensasi panas di dada).

Sering kali juga pasien merasa sulit bernapas, nyeri dada, rasa mengganjal di tenggorokan, kadang-kadang hidung sulit bernapas.

"Pasien sudah dilakukan peeriksaan EKG dan rontgen dari jantung dan parunya normal. Nah itu sering kali disebabkan oleh GERD sensasinya," jelas dr. Kaka

Sedangkan penyebab GERD ada banyak, bisa dari pola makan yang tidak teratur, istirahat yang kurang, tidur yang kurang, ataupun karena kecapekan.

Baca Juga: Usus Buntu Lebih Berisiko Bagi Anak, Para Orangtua Kenali Gejala Awalnya Ini

"Sering kali kalau di Jakarta atau di kota-kota besar, GERD itu disebabkan karena adanya stres atau pikiran. Hal ini sangat berhubungan dengan produksi asam lambung yang berlebih dan juga gangguan pengosongan lambung sehingga menyebabkan GERD," ujarnya.