Find Us On Social Media :

7 Cara Alami Ampuh Menghilangkan Kapalan di Telapak Kaki

Rendam di air panas dan dengan batu apung, cara termudah menghilangkan kapalan di kaki.

GridHEALTH.id - Kapalan adalah area kulit yang keras dan tebal yang seringkali tidak nyaman. Tekanan atau gosokan yang berlebihan dapat menyebabkan kapalan berkembang di hampir semua area kulit. Lokasi umum untuk kapalan termasuk kaki, ujung jari, dan telapak tangan.Seseorang biasanya dapat menghilangkan kapalan yang tidak diinginkan di rumah. Meskipun membutuhkan waktu dan kesabaran, pengelupasan kulit dan pelembab secara teratur dapat membantu.Jangan menggunakan benda tajam untuk menghilangkan atau mengurangi kalus. Melakukan hal ini dapat melukai kulit dan menyebabkan pendarahan dan bahkan infeksi.

7 Cara Alami Ampuh Menghilangkan Kapalan di Telapak Kaki

Kita bisa menggunakan 7 cara alami ampuh untuk menghilangkan kapalan di telapak kaki. Berikut caranya;

1. Garam epsom

Menambahkan garam Epsom ke dalam bak air hangat dapat membantu mengobati kapalan.Garam epsom dapat membantu melembutkan kapalan sebagai persiapan untuk perawatan lain, seperti pengelupasan manual dengan batu apung atau kikir kaki.Coba tambahkan segenggam garam Epsom ke bak mandi atau baskom berisi air hangat, lalu rendam kulit yang terkena selama 10 menit.Kita dapat membeli garam Epsom dari sebagian besar apotek. Mereka juga tersedia untuk dibeli secara online.

2. Batu apung

Batu apung adalah batu berpori ringan yang banyak digunakan orang untuk mengelupas kulit mati dan kapalan.

Baca Juga: Bukan Hanya Diare yang Dirasakan, Waspada Gejala Umum Chron's Disease

Batu-batu ini bekerja paling baik setelah seseorang melembutkan kulitnya. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan merendam area kapalan dalam air hangat selama 5–10 menit sebelum menggunakan batu. Menambahkan garam Epsom ke dalam air dapat meningkatkan hasil.Setelah kulit dilembutkan, gunakan gerakan melingkar atau menyamping yang lembut dengan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati.

Kita mungkin perlu melakukan eksfoliasi selama beberapa hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.Batu apung tersedia di sebagian besar toko obat. Seseorang juga dapat berbelanja secara online.

3. Alat pengelupas kaki

Disebut juga file kaki adalah alat lain untuk pengelupasan kulit. File biasanya memiliki jeruji logam dan pegangan karet atau plastik.Seperti halnya batu apung, yang terbaik adalah melembutkan kulit kapalan dengan air hangat sebelum menggunakan kikir. Banyak orang menggunakan kikir kaki saat mandi atau berendam.Setelah menghilangkan kapalan, menggunakan pelembab dapat membantu menjaga kelembutan kulit. File kaki banyak tersedia untuk dibeli secara online.

4. Krim eksfoliasi

Krim eksfoliasi dapat mengangkat sel kulit mati. Alih-alih pengelupasan kulit secara manual, kita dapat memilih untuk mengangkat sel kulit mati dengan krim atau losion pengelupas.Produk yang bekerja pada kapalan biasanya mengandung bahan seperti asam salisilat, urea, atau amonium laktat.Kita mungkin perlu menerapkan ini setiap hari untuk mendorong pengelupasan sel kulit yang menumpuk. Seiring waktu, kulit akan melembut, dan kapalan mungkin menjadi kurang terlihat.

Banyak krim eksfoliasi yang dipasarkan sebagai perawatan kalus tersedia untuk dibeli dari toko obat, serta secara daring.Namun, penting untuk memeriksa labelnya terlebih dahulu, karena produk ini mungkin mengandung bahan keras yang dapat menimbulkan efek terbakar pada kulit.

Seorang dokter, apoteker, atau ahli penyakit kaki mungkin dapat merekomendasikan krim atau losion yang sesuai.