Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Diare yang Dirasakan, Waspada Gejala Umum Chron's Disease

Penyakit Crohn juga bisa menimbulkan gejala seperti osteoporosis dan radang sendi.

GridHEALTH.id - Gas, kembung, diare, mual, mungkin kondisi ini sering kita dengan sebagai gejala penyakit Crohn yang umum ini, terutama jika mereka menyerang secara teratur.

Namun karena penyakit Crohn adalah kondisi sistemik atau seluruh tubuh, gejalanya dapat melampaui sistem pencernaan kita.“Penyakit Crohn adalah penyakit di seluruh tubuh yang disebabkan oleh peradangan berlebihan,” kata Nirmal Kaur, MD, direktur pusat penyakit radang usus di Henry Ford Health System di Detroit.

Beberapa orang dengan penyakit Crohn hanya mengalami peradangan di usus, tetapi sekitar 30 hingga 40% orang memiliki apa yang disebut manifestasi ekstra-intestinal, atau gejala penyakit Crohn di luar saluran pencernaan mereka.Dalam kebanyakan kasus, pengobatan untuk gejala non-pencernaan Crohn sama dengan pengobatan untuk gejala yang berhubungan dengan usus, terutama pengobatan.

Obat-obatan ini mungkin termasuk aminosalisilat (untuk kasus ringan), agen imunosupresif, terapi biologis, dan kortikosteroid.

Bagi kebanyakan orang, mereka bekerja dengan baik untuk semua gejala Crohn. “Kebanyakan orang memperhatikan bahwa ketika gejala penyakit Crohn pencernaan mereka diobati, gejala non-pencernaan mereka juga menjadi lebih baik,” kata Dr. Kaur.

Memahami Gejala Non-Pencernaan Penyakit CrohnBerikut adalah delapan gejala penyakit Crohn yang muncul di luar saluran pencernaan, mengapa hal itu terjadi, dan bagaimana penanganan terbaiknya.1. Peningkatan risiko radang sendi. Karena peradangan yang terkait dengan penyakit ini, hingga 25% orang dengan Crohn juga mengalami radang sendi, menurut Crohn's & Colitis Foundation of America.

“Risiko radang sendi ini paling tinggi pada persendian yang lebih besar, seperti lutut, siku, dan pergelangan tangan, yang disebut radang sendi perifer,” kata Kaur.

"Tapi radang sendi dapat muncul di mana saja pada orang dengan penyakit Crohn." Biasanya jika Crohn dirawat, radang sendi juga membaik.

Baca Juga: Stres Bisa Menjadi Penyebab Crohn's Disease, Ketahui Cara Cepat Penanganannya

Baca Juga: Stres Dapat Membunuh Libido Hingga Menggangu Hubungan Suami-Istri

2. Peningkatan risiko osteoporosis. “Orang dengan penyakit Crohn berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis daripada populasi umum,” kata Mariam Fayek, MD, dokter jaga di Pusat Kesehatan Gastrointestinal Wanita di Rumah Sakit Wanita & Bayi di Rhode Island di Providence, AS.

“Peradangan kronis penyakit Crohn menyebabkan peningkatan keropos tulang, dan orang dengan Crohn juga cenderung kekurangan vitamin D, keduanya berkontribusi pada risiko osteoporosis.”Kekurangan vitamin D ini terjadi antara lain karena bagian usus yang menyerap vitamin D sedang sakit.