Find Us On Social Media :

Suka Makan yang Asin-asin dan Banyak Dalam Ruangan Tulang Menjadi Rapuh

Waspada tulang rapuh dan ini aneka penyebabnya.

GridHEALTH.id - Tulang rapuh bisa dialami oleh siapa saja, tidak saja lansia. Mereka yang mengalami osteoporosis sangat berisiko mengalami tulang rapuh.

Hal itu seperti diungkap sebuah penelitian di Amerika Serikat dipublikasikan di jurnal Radiology,  dilansir dari laman p2ptm.kemkes.go.id (24/10/2017).Osteoporosis atau biasa dikenal dengan pengeroposan tulang, adalah kondisi saat kepadatan tulang menurun akibat hilangnya massa tulang yang berkelanjutan, sehingga membuat tulang jadi rapuh dan mudah patah.Kebanyakan orang yang mengalami osteoporosis tidak menyadari gejala penyakit ini. Umumnya mereka baru akan menyadari adanya tanda-tanda saat muncul nyeri di bagian punggung bawah, nyeri leher, postur tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan secara bertahap, dan lebih sering mengalami cedera atau keretakan tulang.Tapi osteporosis sejatinya bisa dicegah sejak dini dengan melakukan berbagai hal.

Baca Juga: Penyebab Kematian Lord Rangga Terungkap, Pernah Muntah Darah, Kelelahan Bisa Sebabkan Kematian?

Selain itu, Osteogenesis Imperfecta (OI) juga membuat tulang menjadi rapuh. Ini adalah penyakit genetik langka. Kondisi ini ditandai dengan tulang yang rapuh dan lemah, sehingga mudah patah. Seseorang yang terlahir dengan OI akan menyandang penyakit ini seumur hidupnya, dan penyintasnya berisiko tinggi untuk mengalami patah tulang berulang. Penyakit ini umumnya sudah dialami sejak lahir. Namun, gejala biasanya baru akan muncul dan terdeteksi di usia anak-anak atau bahkan setelah dewasa. Adapun gejala Osteogenesis Imperfecta bisa muncul saat usia sekolah, balita, bahkan sejak dalam kandungan. Gejala sangat bervariasi antara satu pengidap dengan pengidap lainnya. Namun, gejala yang umumnya terjadi adalah pengidap mudah mengalami patah tulang, bahkan hanya dengan benturan yang sangat ringan.

Baca Juga: Walau Sedikit Minuman Beralkohol yang Diminum Ibu Hamil, Struktur Otak Si Kecil Bisa Berubah Tidak Normal

Hal lain yang sering ditemukan pada pengidap OI adalah warna sklera (bagian putih dari mata) tampak berwarna kebiruan.

Jadi, apabila seorang anak mudah mengalami patah tulang, terutama saat belajar merangkak, berjalan, maupun pada masa balita dan sekolah, perlu dicurigai adanya OI.

Secara umum untuk mencegah tulang rapuh bisa kita upayakan.

Penyebab Tulang Rapuh

Untuk itu hindari melakukan 5 kebiasaan ini karena bisa melemahkan tulang seperti dikutip dari WebMD.

* Minum soda terlalu banyak

Terlalu banyak mengonsumsi soda dapat membahayakan kesehatan tulang.

Baca Juga: Berharap Bisa Tampil Sempurna, Pria di India Meninggal Dunia Setelah Menjalankan Transplantasi Rambut, Inilah Risiko yang Terjadi

Sementara penelitian lebih lanjut masih diperlukan, beberapa penelitian telah menghubungkan keropos tulang dengan kafein dan fosfor dalam minuman bersoda.Pakar lain telah menyarankan bahwa kerusakan tulang datang ketika lebih banyak minum soda daripada susu atau minuman lain yang mengandung kalsium.