Find Us On Social Media :

Mengenal Kembali Crohn's Disease, Penyakit Autoimun Radang Usus yang Fatal Bila Diabaikan

Crohn's Disease, penyakit radang usus yang tidak boleh diabaikan.

GridHEALTH.id - Penyakit Crohn adalah penyakit di mana bagian saluran pencernaan meradang. Ini paling sering melibatkan ujung bawah usus kecil dan awal usus besar.

Bisa juga terjadi di bagian mana pun dari sistem pencernaan dari mulut hingga ujung rektum (anus). Penyakit Crohn adalah salah satu bentuk penyakit radang usus (IBD/irritable bowel's disease).

Penyebab Crohn's Disease

Penyebab pasti penyakit Crohn tidak diketahui. Itu terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat (gangguan autoimun).Ketika bagian saluran pencernaan tetap bengkak atau meradang, dinding usus menjadi menebal.

Faktor-faktor yang mungkin berperan dalam penyakit Crohn meliputi:

- Gen dan riwayat keluarga (orang yang berkulit putih atau keturunan Yahudi Eropa Timur memiliki risiko lebih tinggi)

- Faktor lingkungan

- Kecenderungan tubuh untuk bereaksi berlebihan terhadap bakteri normal di usus

- MerokokPenyakit Crohn dapat terjadi pada semua usia. Ini kebanyakan terjadi pada orang antara usia 15 dan 35.

Gejala Crohn's Disease

Baca Juga: Bukan Hanya Diare yang Dirasakan, Waspada Gejala Umum Chron's Disease

Baca Juga: Telapak Kaki Terasa Tebal dan Tidak Nyaman, Cara Ampuh Hilangkan Kapalan di Kaki dengan Bahan Alami

Gejala tergantung pada bagian saluran pencernaan yang terlibat. Gejala berkisar dari ringan hingga parah, dan bisa datang dan pergi, dengan periode kambuh.Gejala utama penyakit Crohn adalah nyeri kram di perut (area perut), demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan.

Penderita juga selalu rasa ingin buang air besar, padahal buang air besar sudah kosong. Ini mungkin melibatkan mengejan, nyeri, dan kram. Timbul diare berair, yang mungkin berdarah.Gejala lain mungkin termasuk sembelit, luka atau bengkak pada mata. Juga keluarnya nanah, lendir, atau feses dari sekitar rektum atau anus (disebabkan oleh sesuatu yang disebut fistula).