Find Us On Social Media :

Cara Menurunkan Gula Saat Sedang Naik dengan Cara Efektif dan Cepat

Cara menurunkan kadar gula darah saat sedang tinggi secara alami.

GridHEALKTH.id - Jika gula darah kita < 100mg/dL, atau setelah makan < 180 mg/dL, atau 100-140 mg/dL (sebelum tidur) kita bisa hidup nyaman. Tapi jika di atas batas normal tersebut artinya tinggi, dan harus diturunkan.

Kondisi gula darah tinggi atau hiperglikemia bisa ditemukan pada orang dengan diabetes, juga bisa terjadi pada mereka yang mengalami gangguan hormon insulin atau pankreas.

Saat gula darah tinggi wajib segera diturunkan, karena dampaknya menyeramkan, bisa saja mengalami koma diabetik, jika berlangsung lama dapat memicu gangguan kesehatan yang memengaruhi mata, ginjal, saraf, dan jantung.

Karenanya gula darah tinggi wajib segera diturunkan. Cara alami menurunkannya;

* Olahraga

Olahraga menurunkan kadar gula darah dengan cepat dan efektif.

Baca Juga: Simak 4 Cara Mengobati Kutu Air dengan Bawang Putih, Mudah dan Praktis

Setelah berolahraga, gula darah mungkin tetap rendah hingga 24 jam karena sensitivitas insulin tubuh meningkat.Akibatnya, tubuh membutuhkan glukosa untuk berfungsi selama berolahraga.Pada gilirannya, otot menerima glukosa dari sel, dan kadar gula darah seringkali menurun.Karenanya harus terlibat dalam aktivitas yang menyebabkan jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya.

* Kurangi asupan Karbohidrat

Kadar gula darah secara signifikan dipengaruhi oleh jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

Baca Juga: Setelah 1 Tahun Jalani Pengobatan, Vega Darwanti Ungkap Kondisi Tukul Arwana Saat ini, Beginilah Pemulihan Pada Pengidap Pendarahan Otak

Hal ini terjadi karena tubuh mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana, terutama glukosa.Insulin kemudian membantu tubuh dalam menggunakan dan menyimpannya untuk energi.Diabetes bisa merusak proses tersebut. Akibatnya, kadar glukosa darah dapat meningkat saat Anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah dengan fungsi insulin.Maka dari itu harus merencanakan pola makan dengan benar dan mengontrol gula darah secara rutin.Pilihlah asupan karbohidrat dari biji-bijian utuh karena menawarkan nilai gizi yang lebih baik.

* Makan serat

Serat mendorong peningkatan kadar gula darah secara bertahap dengan menunda pemecahan karbohidrat dan penyerapan gula.

Baca Juga: Coba Konsumsi 5 Bahan Alami Ini Untuk Menaikkan Tekanan Darah Rendah