Find Us On Social Media :

5 Obat Alami Kutu Air dan Cara Mudah Pemakaiannya, Coba Sekarang

Kutu air dapat dengan mudah diatasi menggunakan 5 jenis obat alami kutu air berikut ini, salah satunya dengan garam.

GridHEALTH.id – Gatal pada sela-sela jari jangan lagi diabaikan, bisa saja menjadi tanda dari adanya infeksi jamur kutu air.

Obati dengan cara yang mudah dan efektif melalui lima jenis obat alami kutu air berikut ini.

Gejala Kutu Air

Secara umum, kutu air dalam bahasa medis dikenal dengan tinea pedis, sedangkan untuk kutu air pada tangan, dalam bahasa medis disebut dengan tinea maanum.

Sebagai penyakit infeksi yang menyerang kulit, ada beberapa gejala kutu air yang dapat dikenali, seperti rasa gatal, sensasi terbakar, perih pada sela-sela jari atau telapak kaki atau tangan.

Gejala kutu air pada telapak kaki lainnya bisa mencakup adanya sisik, retakan, luka, kulit terkelupas, hingga lecet.

Khusus pada bagian samping atau bawah kaki, gejala umumnya adalah kulit kering. Sedangkan jika infeksi menyebar ke kuku kaki, maka kuku dapat menjadi tebal, rapuh, berubah warna, atau terpisah.

Penyebab dan Faktor Risiko Kutu Air

Penyakit infeksi ini tidak secara tiba-tiba menginfeksi kulit, namun disebabkan oleh adanya jamur yang dikenal dengan sebutan dermatofita.

Jamur dermatofita ini dapat tumbuh dengan mudah di tempat yang lembab dan hangat, seperti kamar mandi, sekitar kolam renang, dan lainnya. Jamur ini dapat menyebar dan menginfeksi kulit saat seseorang menginjak permukaan yang terkontaminasi jamur.

Terdapat beberapa faktor risiko yang memicu perkembangan jamur akibat dari kutu air, yaitu kaki berada dalam kondisi lembab dan berkeringat terus menerus, penggunaan sepatu yang terlalu tertutup atau ketat, berada di lingkungan yang lembab dan hangat, hingga pemakaian barang yang terkontaminasi jamur secara bersamaan.

Penting untuk mengenali penyebab dan faktor risiko kutu air, agar jamur tidak mudah menyebar ke area bagian tubuh lainnya, secara khusus area tangan.

5 Jenis Obat Alami Kutu Air

Jangan lagi dibaikan, lebih baik mulai dengan cara yang mudah dan efektif untuk mengobati kutu air, seperti cobalah dengan lima jenis obat alami kutu air berikut ini:

Baca Juga: Kutu Air Membandel? Coba Atasi Dengan 3 Pilihan Salep Berikut Ini!

1. Bubuk soda kue

Bahan ini menjadi agen anti-jamur alami yang membantu melawan mikroba yang menginfeksi kulit atau kuku. Terlebih campuran ion natrium dan bikarbonat tidak hanya membantu menyerap bau kaki, juga mengurangi rasa gatal dan sensasi terbakar di area yang terkena kutu air.