Find Us On Social Media :

Jangan Biasakan Tidur di Antara Jam Ini, Berpotensi Serangan Jantung Dadakan

Jangan tidur diwaktu ini jika tidak ingin mendapati masalah jantung.

GridHEALTH.id - Semua manusia butuh tidur. Karena hanya dengan tidur tubuh manusia bisa berinstirahat dan melakukan regenarasi, sel, misalnya.

Bahkan, dengan menjalankan pola tidur yang baik, fungsi tubuh seseorang akan berjalan dengan baik, sehingga dapat mudah terhindar dari beberapa penyakit seperti Stres, diabetes, hingga penyakit jantung.

Karenanya kita setiap hari harus cukup tidur.

Berikut ini adalah beberapa lama waktu tidur sesuai usia, dikutip dari upk.kemkes.go.id, agar bisa mendapatkan kualitas waktu tidur yang baik:* Usia 0-1 bulan: bayi yang usianya baru 2 bulan membutuhkan waktu tidur 14-18 jam sehari.

Baca Juga: Tersiksa karena Nyeri Sendi, Pijat Lembut 6 Titik Ini untuk Mengatasinya

* Usia 1-18 bulan: bayi membutuhkan waktu tidur 12-14 jam sehari termasuk tidur siang. * Usia 3-6 tahun: kebutuhan tidur yang sehat di usia anak menjelang masuk sekolah ini, mereka membutuhkan waktu untuk istirahat tidur 11-13 jam, termasuk tidur siang. * Usia 6-12 tahun: Anak usia sekolah ini memerlukan waktu tidur 10 jam. * Usia 12-18 tahun: menjelang remaja sampai remaja kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam. * Usia 18-40 tahun: orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari.

Baca Juga: 3 Daun Penurun Kolesterol, Ternyata Bisa Dibuat Sendiri di Rumah!

Waktu Tidur

Penting juga diperhatikan waktu tidur, yang sangat erat kaitannya dengan kesehatan.

Menurut dr Zaidul Akbar, tidur di waktu tertentu seperti setelah subuh dapat menyebabkan serangan jantung dadakan.Hal itu dia beberkan dalam sebuah video di kanal YouTube dr. Zaidul Akbar (17/09/2022).Menurutnya kondisi jantung di waktu tersebut ternyata sangat lemah dan berpotensi menyebabkan serangan jantung apabila terlelap kembali."Banyak kasus serangan jantung yang terjadi pada seseorang ketika pagi hari atau setelah subuh," jelas dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga: Kaleidoskop 2022, 16 Pilihan Obat Alami Asam Urat Populer di Masa Pandemi Covid-19

Tidak hanya menyebabkan serangan jantung saja, tidur di waktu subuh akan menurunkan daya ingat dan pola berpikir kita, sehingga akan menjadi sosok yang lambat dalam berpikir."Maka dari itu, Anda harus memperhatikan waktu tidur agar tidak terkena serangan jantung dan mengalami penurunan cara berpikir," imbuhnya.

Adapun waktu tidur yang baik bagi kesehatan manusia ialah di bawah jam 12 malam dan bangun ketika subuh tiba."Tidur 7-8 jam sehari adalah waktu ideal bagi kita untuk terlelap agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan, seperti serangan jantung mendadak," katanya.Jadi kuncinya, jangan begadang, dan jangan kesiangan bangun tidur setiap pagi.(*)

Baca Juga: Berapa Lama Nyeri Asam Urat Berlangsung dan Dirasakan Pasien?