Find Us On Social Media :

Kaleidoskop Penyakit 2022, Cacar Monyet Sempat Bikin Kalang Kabut Indonesia

Cacar monyet sempat menjadi penyakit emerging infeksi yang muncul di 2022.

GridHEALTH.id - Pada bulan Agustus 2022, Indonesia dikejutkan oleh pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mengumumkan kasus pertama yang terkonfirmasi positif cacar monyet. (22/08/2022).

Pasien tersebut adalah laki-laki berusia 27 tahun dan berasal dari DKI Jakarta, diketahui bahwa dirinya memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Kondisi pasien hingga saat ini mengalami gejala yang ringan dengan beberapa tanda yang muncul adalah pembengkakan kelenjar limfe, muncul ruam di daerah muka, kaki, telapak tangan, dan area genitalia.

Hingga saat ini pasien melakukan isolasi mandiri dan Dinkes DKI Jakarta sedang terus melakukan surveilans terhadap orang dengan kontak dekat.

Segera setelah pernyataan Menteri Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah memberikan tanggapan dan saran yang harus dilakukan masyarakat.

Meskipun cacar monyet adalah penyakit yang menular, Ketua IDI menyebutkan masyarakat Indonesia untuk tidak panik.

Dalam rilis persnya, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melalui Satgas Monkeypox atau Cacar monyet PB IDI meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik, melakukan sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI.

Selain itu, PB IDI juga menyatakan akan selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak.

PB IDI bersama dengan Kementrian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan setempat, IDI Wilayah, IDI Cabang akan terus berkoordinasi mengenai kewaspadaan terhadap penyakit cacar monyet ini yang sudah masuk ke Indonesia.

"Kami meminta tim medis dan tenaga kesehatan untuk tetap waspada dan segera melaporkan pada Dinas Kesehatan setempat apabila ditemukan pasien dengan gejala mirip Cacar Monyet, supaya bisa segera ditangani dan ditindaklanjuti," kata dr M. Adib Khumaidi, SpOT selaku ketua umum PB IDI dalam rilis pers IDI (30/08/2022).

Terdapat beberapa saran yang dirasa perlu dilakukan oleh masyarakat setempat terkait mencegah merebaknya penularan penyakit cacar monyet.

Langkah itu mulai dari terus menerapkan protokol kesehatan dan lebih aktif menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).