Find Us On Social Media :

Ini 6 Gejala Kanker Usus Besar yang Harus Diwaspadai Sejak Awal!

Inilah bentukan sel kanker yang diawali dengan polip, kenali 6 gejala kanker usus besar.

GridHEALTH.id – Ada banyak jenis kanker di seluruh dunia, salah satu yang terbanyak dan sulit terdeteksi adalah kanker usus besar.

Padahal tingkat harapan hidup seorang pasien kanker sangat ditentukan dari stadiumnya, maka penting untuk deteksi dini dimulai dengan mengenali gejala kanker usus besar. Simak ulasan berikut ini, setidaknya ada enam gejala kanker usus besar yang perlu diwaspadai.

6 Gejala Kanker Usus Besar

Berikut ini 6 gejala kanker usus besar melansir dari laman TODAY, yaitu:

1. Pendarahan

Gejala kanker usus besar yang perlu diwaspadai pertama kali adalah adanya pendarahan karena adanya luka di daerah tersebut, sehingga jangan sepelekan jika melihat darah keluar dari dubur.

2. Anemia

Ketika tumor kanker usus besar berdarah, hasilnya tubuh kehilangan zat besi di dalamnya, kemungkinan gejala ini tidak dikenali jika seseorang tidak melakukan tes darah secara rutin.

3. Sakit perut

Gejala kanker usus besar lainnya adalah sakit perut dan kram yang tak tertahankan, akibat dari tumor yang menyebabkan penyumbatan atau robekan, biasanya disertai dengan mual, muntah, hingga perut kembung.

4. Perubahan volume feses

Saat feses yang dikeluarkan menjadi lebih kecil dan tipis, maka perlu diwaspadai karena bisa jadi adalah gejala kanker usus besar, akibat adanya tumor yang menghalangi.

5. Adanya perasaan untuk terus buang air besar

Kondisi ini disebut dengan tenesmus, yaitu perasaan ingin buang air besar terus menerus, tetapi ketika mencobanya tidak keluar apapun, hal ini karena adanya tumor di dubur.

6. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Kanker usus besar akan mengubah cara tubuh menggunakan makanan dan mencegah penyerapan nutrisi secara keseluruhan, sehingga ini bisa menjadi tanda jika seseorang tiba-tiba mengalami penurunan berat badan.

Penyebab Kanker Usus Besar

Kanker usus besar diawali dari adanya pertumbuhan polip yang bersifat ganas, dimana di dalam polip ini terdapat sel kanker yang terus bertumbuh di luar kendali dan dalam kasus berat, sel-sel ini telah menyebar ke area lain dari tubuh.

Selain mengenali gejala kanker usus besar yang perlu diwaspadai, melakukan skrining juga bisa menjadi cara yang efektif untuk melihat adanya pertumbuhan polip sebelum bersifat ganas.

 Baca Juga: Aneka Gejala Kanker Usus Stadium Awal yang Harus Segera Terdeteksi untuk Kecepatan Penanganan