Find Us On Social Media :

Apa yang Akan Terjadi Jika Kutu Air Dibiarkan dan Tidak Diatasi?

Ini adalah salah satu kondisi yang terjadi jika kutu air dibiarkan dan tidak diatasi, kenali komplikasi lainnya.

GridHEALTH.id – Mengalami keluhan gatal-gatal disertai dengan ruam kemerahan pada kulit, khususnya di sekitar sela-sela jari kaki dan bisa juga menyebar ke tangan, bisa menjadi gejala awal dari munculnya infeksi kutu air.

Kondisi ini seringkali dibiarkan begitu saja dan tidak mendapatkan pengobatan yang baik, perlu diingat bahwa jangan sampai penyakit ini menimbulkan komplikasi kulit serius. Berikut ini kondisi yang perlu diwaspadai untuk kutu air yang dibiarkan dan tidak diatasi.

Apa Itu Penyakit Kutu Air?

Penyakit kutu air adalah penyakit yang tergolong dalam penyakit infeksi yang berasal dari jamur.

Umumnya menyerang area kaki, mulai dari telapak kaki hingga sela-sela jari kaki. Tidak hanya itu, kutu air juga bisa menyebar ke tangan dan organ lainnya. Dalam bahasa medis dikenal dengan tinea pedis untuk yang berlokasi di kaki dan tinea manuum untuk daerah tangan yang terinfeksi.

Gejala Kutu Air

Jika seseorang ingin mengetahui bahwa kondisi tertentu pada kulit merupakan kutu air atau tidak, maka kenali beberapa gejala kutu air yang umum dirasakan oleh penderitanya, dimulai dari bercak putih yang terasa gatal, rasa sakit, bersisik, terlihat merah, pecah-pecah berdarah, ada juga yang menyebabkan lepuh berisi cairan.

Penyebab Kutu Air dan Faktor Risikonya

Penyebab utama dari penyakit ini adalah adanya infeksi jamur pada kulit (dermatofita) yang memasuki kulit melalui retakan atau luka kecil hingga menginfeksi lapisan atas.

Sebagai penyakit infeksi, maka penyakit ini dapat menular melalui kontak kulit langsung atau dengan barang-barang yang terkontaminasi virus ini.

Oleh karena itu, jika tidak ingin terinfeksi kembali, maka penting untuk menghindari beberapa faktor risiko yang memicu infeksi, berikut beberapa di antaranya:

- Kecenderungan genetik

- Alergi dan eksim

- Kaki yang terus berkeringat

- Sistem kekebalan tubuh yang melemah

Baca Juga: Kutu Air di Kaki Susah Hilang, Coba 2 Obat Alami Basmi Kutu Air dengan Cepat