Find Us On Social Media :

Begini Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Liburan dan Pasca Liburan

Persiapkan dengan baik liburan bersama anak agar kesehatannya selalu terjaga.

GridHEALTH.id - Agar anak dapat menikmati liburan dengan optimal, penting untuk menjaga kesehatan sebelum dan selama liburan.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, tentunya tubuh anak harus dalam keadaan sehat saat berangkat liburan.

Caranya yaitu dengan mengonsumsi asupan nutrisi bergizi seimbang dan cukup istirahat sebelum bepergian. Sehingga anak dapat berangkat berlibur dalam kondisi prima.

Selain itu, usahakan untuk memenuhi semua vaksinasi anak sesuai dengan jadwal sebelum berlibur.

"Selain imunisasi wajib, anak lebih dari 6 tahun juga sudah harus mendapatkan vaksinasi Covid-19," kata dr. Rista Harwita Putri, Sp.A., Dokter Spesialis Anak Bamed dalam Media Briefing 'Menjaga Tubuh Tetap Sehat pada Masa Libur dan Paska Libur.  Siapkan Keluarga Indonesia Sehat Lebih Kuat dan Lebih Tangguh' yang diselenggarakan secara virtual oleh Klinik Bamed (15/12/2022) di Jakarta.

Dokter Rista juga mengatakan, orangtua perlu menyiapkan pakaian sesuai dengan lokasi dan daerah tempat berlibur.

Perilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar jika membawa anak ke tempat rekreasi yang ramai pengunjung.

"Bila anak masih belum bisa memakai masker dengan patuh/masih bayi, sebaiknya bawa anakberlibur bukan di tempat keramaian."

Anak juga memerlukan istirahat yang cukup selama liburan, jadi orangtua perlu membatasi jambermain dan mengatur waktu istirahat anak selama liburan. Waktu bermain dan istirahat yang seimbang membuat kekebalan tubuh anak tetap optimal.

Tidak boleh dilupakan, anak perlu mengonsumsi makanan bergizi selama liburan, anakmemerlukan zat gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dalam jumlah yang sesuai untuk menjaga daya tahan tubuhnya tetap baik.

Sebagai tambahan, selalu menyiapkan termometer, obat demam, serta obat-obatan lain yang biasa dikonsumsi anak bila mereka rutin mengonsumsi obat tertentu.

“Gejala penyakit yang perlu diwaspadai seperti munculnya gejala seperti demam, batuk, pilek, diare setelah liburan merupakan gejala yang sering terjadi selama liburan.