Find Us On Social Media :

Ketahui Cara Lain Mengobati Kanker Usus Tanpa Harus Dioperasi

Selain operasi, ada juga beragam cara mengobati kanker usus yang dapat dilakukan, kenali berikut ini.

GridHEALTH.id – Kanker yang berlokasi di dalam usus cukup sulit untuk mendeteksinya, inilah yang seringkali menyebabkan kanker usus terlambat ditangani.

Akan tetapi jika dilakukannya skrining sejak awal, maka akan sangat membantu penderita kanker usus mendapatkan pengobatan yang efektif.

Saat ini sudah ada banyak jenis pengobatan kanker usus yang dapat dilakukan, dimana mengobati kanker usus tanpa operasi pun sudah bisa.

Simak beragam jenis pengobatan kanker usus berikut ini.

Mendiagnosis Kanker Usus

Untuk mengetahui secara pasti diagnosis akan kanker usus, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pengujian, yaitu:

* Kolonoskopi

Kolonoskopi adalah tabung panjang yang fleksibel dan ramping, sudah terpasang pada kamera video dan monitor untuk melihat seluruh kondisi usus dan dubur.

Jika dokter menemukan area yang mencurigakan, bahkan sudah bisa dilakukan tindakan dengan memasukkan alat bedah melalui tabung untuk mengambil sampel jaringan (biopsi), selanjutnya dianalisis dan mengangkat polip.

* Tes darah

Cara lainnya adalah dengan tes darah, sampel darah yang diambil akan diuji untuk melihat kesehatan secara keseluruhan, termasuk tes fungsi ginjal dan hati.

Pengujian akan dilihat pada bahan kimia yang terkadang diproduksi oleh kanker usus besar (antigen karsinoembryonik atau CEA). CEA ini akan dipantau dan dapat dilihat respons terhadap pengobatannya.

Mengobati Kanker Usus Tanpa Operasi

Ada berbagai macam pilihan untuk mengobati kanker usus, tim dokter akan mendiskusikan pilihan pengobatan dengan pasien, yang biasanya dilihat berdasarkan kondisi kesehatan pasien dan tingkat keparahan kanker ini.

Paling umum dikenali jika pengobatan kanker dilakukan dengan cara operasi, pengangkatan sel kanker.

Akan tetapi, mengobati kanker usus tanpa operasi juga bisa dilakukan, baik melalui obat hingga jenis terapi lainnya.