Find Us On Social Media :

Mitos dan Fakta Ketombe Tidak Boleh Digaruk, Simak di Sini!

Kenali beragam mitos dan fakta ketombe, benarkah tidak boleh digaruk? Simak ulasan ini.

GridHEALTH.id – Ketombe menjadi salah satu permasalahan kulit kepala dan rambut yang umum dialami oleh banyak orang. Meski tidak terkesan serius, ketombe bisa mengganggu penampilan.

Kenali mitos dan fakta ketombe dalam ulasan berikut ini, sebelum memilih perawatan terbaik dalam mengatasi ketombe.

Ciri-ciri Ketombe

Ketombe dapat terlihat dengan mudah karena seringkali bukan hanya ditemukan di kulit kepala, namun ketombe yang jumlahnya banyak dapat mencapai area pundak.

Ciri-ciri ketombe yang mudah dikenali adalah adanya bercak putih bersisik di kulit kepala, terkadang disertai dengan rasa gatal.

Kondisi ini bisa juga disebabkan oleh adanya indikasi penyakit tertentu seperti dermatitis seboroik, alergi, eksim, psoriasis, dan kondisi medis hingga pilihan perawatan rambut.

Mitos dan Fakta Ketombe

Berikut ini mitos dan fakta ketombe dari berbagai sumber, yang perlu dikenali agar tidak salah dalam melakukan tindakan, yaitu:

Mitos dan Fakta Ketombe 1 – Ketombe Hasil dari Kebersihan yang Buruk

Mitos dan fakta ketombe yang pertama adalah terkait kebersihan yang buruk. Banyak orang yang beranggapan bahwa ketombe adalah hasil dari kebersihan rambut yang buruk. Padahal menurut berbagi penjelasan dari para peneliti menyebutkan ternyata ini adalah mitos.

Faktanya, ketombe disebabkan oleh berbagai komponen, antara lain kelebihan produksi minyak rambut atau kelebihan mikroorganisme parasite yang hidup normal di kulit kepala.

Mitos dan Fakta Ketombe 2 – Ketombe Hanya Terjadi di Kulit Kepala

Dijelaskan oleh dokter kulit bahwa memang benar ketombe paling sering terjadi di kulit kepala, namun ternyata tidak hanya kulit kepala sebagai tempat yang paling sering mengalami ketombe, ada juga area seperti alis, telinga, dan sekitar hidung yang dapat cenderung mengelupas.

Mitos dan Fakta Ketombe 3 – Ketombe Menular

Faktanya, ketombe bukanlah suatu hal yang menular dari orang ke orang, namun kondisi kulit kepala dan bakteri jamur yang cenderung dimiliki setiap orang, sehingga banyak orang yang mengalami kondisi ini.

Mitos dan Fakta Ketombe 4 – Ketombe Bisa Menyebabkan Rambut Rontok

Mitos dan fakta ketombe lainnya adalah terkait ketombe menyebabkan rambut rontok sehingga ketombe tidak boleh digaruk, sebenarnya ketombe tidak secara langsung menyebabkan rambut rontok, hanya saja karena ketombe kerap menimbulkan rasa gatal sehingga memicu garukan berlebih di folikel rambut.

Baca Juga: Ketombe Susah Hilang dan Banyak, Apakah Pertanda Penyakit Tertentu?