Find Us On Social Media :

2 Obat Diabetes Andalan Hingga Hari ini, Khusus Tipe 2, Ada yang Bisa Diminum

Pengobatan untuk penyintas diabetes yang hingga hari ini paling diandalkan. Khususnya tipe 2.

GridHEALTH.id - Diabetes melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin (WHO, 1999).

Penyintas diabetes wajib menjalankan program pengobatan diabetes, demi kebaikan kesehatannya, supaya terhindar dari komplikasi diabetes yang menyeramkan.

Pengobatan diabetes dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Komplikasi Diabetes

Khusus untuk diabetes tipe 2 merupakan salah satu dari penyakit kronis yang banyak diderita oleh penduduk di seluruh dunia.

Baca Juga: Sering Nyeri Sendi? Redakan Sakit Berlebih dengan 5 Bahan Alami Ini

Menurut perkiraan, angka tersebut akan bertambah 2x lipat dalam 20 tahun ke depan dikarenakan peningkatan usia, obesitas (kegemukan), dan pola hidup yang buruk.Berbagai macam masalah komplikasi dapat ditimbulkan oleh penyakit diabetes ini. Untuk tipe komplikasinya dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yaitu masalah pada pembuluh darah besar (jantung dan otak) dan masalah pada pembuluh darah kecil (mata dan ginjal).

Komplikasi yang terjadi akan mengalami penurunan secara bermakna jika kita berhasil mencapai target dari HbA1c.Selain mengkonsumsi obat-obatan, untuk mencapai kadar gula darah normal, diperlukan perubahan terhadap gaya hidup yang dijalani, mulai dari makanan yang kita konsumsi dan juga aktivitas fisik yang kita lakukan.

Jenis Pengobatan Diabetes Tipe 2

Berikut adalah pengobatan diabetes yang masih menjadi andalan terbaik hingga saat ini, khususnya untuk diabetes tipe 2.

Baca Juga: 5 Jenis Obat Herbal Penurun Asam Urat Tinggi dan Pantangannya, Nyeri pun Hilang

* Pengobatan oral

Terdapat berbagai jenis obat-obatan penurun gula darah yang dikonsumsi secara oral. Masing-masing obat-obatan tersebut memiliki mekanisme kerjanya sendiri dan juga memiliki efek samping yang berbeda-beda.

Tidak jarang juga ditemukan pada pasien yang menderita diabetes harus mengkonsumsi lebih dari 1 macam obat oral, atau mengkombinasikannya dengan insulin untuk mengontrol gula darahnya.Berdasarkan cara kerjanya, obat diabetes oral dibagi menjadi 5 golongan: