Find Us On Social Media :

Pengobatan Kanker Usus Canggih, Berikut Uraiannya Berdasarkan Stadium

Kolonoskopi, menjadi salah satu dari beragam jenis pengobatan kanker usus yang sudah canggih.

GridHEALTH.id - Didiagnosis mengidap kanker usus bukanlah akhir dari segalanya, meskipun bukan hal yang mudah untuk dilewati, namun saat ini sudah semakin berkembang jenis pengobatan kanker usus yang dapat digunakan.

Angka kematian pun diminimilasir sebisa mungkin, kenali berikut ini pengobatan kanker usus berdasarkan stadiumnya. Dapat dijadikan referensi untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tanda-tanda Kanker Usus

Pada tahap awal mungkin sulit untuk bisa merasakan gejala, namun ada beberapa gejala yang bisa dijadikan sebagai tahap awal kewaspadaan.

Seperti perubahan kebiasaan buang air besar, ukuran dam warna tinja yang berubah, seperti usus tidak pernah kosong waaju sudah dikeluarkan, diare, konstipasi, kram dan nyeri perut yang konsisten.

Tanda kanker usus lainnya yang dapati dicermati adalah lelah, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan lainnya.

Baca Juga: 10 Obat Kanker Usus dari Bahan Alami, Ternyata Salah Satunya Bisa dengan Daun Seledri

Faktor Penyebab Kanker Usus

Penyebab kanker usus adalah adanya pertumbuhan polip yang di dalamnya berisi sel kanker dan terus bertumbuh di luar kendali, jika dibiarkan maka dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Ada beberapa faktor risiko yang memicu seseorang lebih tinggi kemungkinan terkena kanker usus, seperti usia, riwayat keluarga dengan kanker kolorektal dan polip, riwayat pribadi adanya polip dan radang usus.

Sedangkan faktor risiko yang berkaitan dengan gaya hidup adalah merokok, obesitas, penyakit yang mendasari (diabetes, sindrom Lynch, penyakit Crohn), kurang olahraga, konsumsi daging merah berlebih, kurang sayur dan buah.

Pengobatan Kanker Usus Berdasarkan Tingkat Stadium

Pengobatan kanker usus akan disesuaikan oleh banyak faktor, mulai dari kesehatan secara umum si penderita, riwayat kesehatan sebelumnya, termasuk tingkat stadium kankernya.

Berikut ini jenis pengobatan kanker usus berdasarkan stadium, melansir dari American Cancer Society:

Baca Juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik, Beginilah Cara Mengobati Keduanya