Find Us On Social Media :

6 Pengobatan Kanker Usus Stadium 4, Masih Bisa Diobati Secara Medis?

6 metode pengobatan kanker usus stadium 4, salah satunya dengan neoadjuvant chemo.

GridHEALTH.id – Terdiagnosa memiliki kanker usus stadium 4 bukanlah hal yang mudah untuk dilewati, namun dengan meningkatnya kemampuan dan penelitian mengenai kanker, harapan hidup bagi pasien kanker pun semakin meningkat.

Berikut ini beberapa jenis pengobatan kanker usus stadium 4 yang bisa menjadi pilihan untuk mengupayakan harapan hidup pasien.

Kondisi Kanker Usus Stadium 4

Dalam laman National Cancer Institute disebutkan bahwa kanker usus stadium 4 telah menyebar melalui darah dan kelenjar getah bening ke bagian tubuh lainnya.

Sebagian besar sel kanker usus ini akan menyebar ke organ seperti paru-paru, hati, dinding perut, atau ovarium pada wanita.

Ditemukannya beragam pengobatan kanker usus merupakan hasil dari pengujian genomik dan pengembangan obat kanker yang presisi. Dengan demikian banyak pasien yang dapat disembuhkan dari kanker dan yang lain memiliki kelangsungan hidup jangka panjang setelah mendapat pengobatan sesuai profil genom kanker.

Baca Juga: Cara Mengatasi Nyeri Sendi Bahu dan Kaku Akibat Bawa Tas yang Berat

Jenis Kanker Usus Stadium IV

Kanker usus stadium 4 dibagi menjadi beberapa stadium, yaitu:

Stadium IVA

Kanker telah menyebar ke satu area atau organ yang tidak berada di dekat usus, seperti hati, paru-paru, ovarium, atau kelenjar getah bening yang jauh.

Stadium IVB

Pada tahap ini, kanker telah menyebar ke lebih dari satu area atau organ yang tidak dekat dengan usus, seperti hati, paru-paru, ovarium, atau kelenjar getah bening yang jauh.

Stadium IVC

Kanker telah menyebar ke jaringan yang melapisi dinding perut dan mungkin telah menyebar ke area atau organ lain.

Pengobatan Kanker Usus Stadium 4

Perlu diingat, penggunaan obat selain obat medis hanyalah obat pendamping untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh, namun tidak menyelesaikan masalah yang sebenarnya terjadi.

Baca Juga: Kenali 7 Buah yang Tidak Boleh Dimakan untuk Penyintas Asam Urat