Find Us On Social Media :

Cara Makan Ciki Ngebul, Tidak Berisiko Terbakar dan Keracunan

Aturan makan ciki ngebul yang benar.

GridHEALTH.id - Chiki ngebul menjadi viral awalnya bukan karena kasus yang akhir-akhir ini terangkat.

Ciki ngebul memiliki daya tarik tersendiri yang membuat anak-anak dan remaja tertarik untuk mencoba yakni mengeluarkan asap saat dimakan.

Asap yang keluar saat memakan jajanan inilah, yang membuat anak-anak dan remaja gemas dan mengunggahnya di media sosial untuk konten.

Tapi ingatlah, tak semua makanan viral yang dijual baik untuk kesehatan tubuh kita. Ada beberapa makanan viral yang ternyata berbahaya untuk tubuh. Salah satunya ciki ngebul ini.

Ciki ngebul atau ice smoke atau disebut es krim hidrogen ternyata telah memakan korban di Indonesia.

Baca Juga: Chiki Ngebul Makan Korban Puluhan Anak, Luka Bakar hinga Muntah Darah

Bukan Makanan Berbahaya?

Tapi sebelum kejadian di Indonesia, Ternyata bahaya makanan viral ni telah muncul sejak tahun 2018 lalu. Di Amerika sendiri, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sudah memperingatkan untuk tidak mengkonsumsi ice smoke.

Kandungan nitrogen cair di dalam es krim atau makanan bisa membakar tenggorokan, lantaran sangat dingin. Beberapa kasus menyebut jika ice smoke bisa menyebabkan kerusakan internal di organ dalam.

FDA secara terang-terangan menyebut ice smoke dapat mengancam jiwa seseorang yang mengkonsumsi.

Jika kamu memiliki riwayat asma disarankan untuk menjauh dari es krim ini. Untuk diketahui, nitrogen cair adalah zat kimia namun tidak beracun.

Nitrogen cair dapat menyebabkan kerusakan organ dalam yang parah dan kerusakan kulit, jika tidak ditangani dengan benar. Salah satunya seperti kasus ciki ngebul di Tasikmalaya. Bahkan menghirup uapnya bisa sebabkan kesulitan bernapas bagi penderita asma.

Baca Juga: 4 Risiko yang Dihadapi oleh Anak 12 Tahun yang Tengah Viral karena Hamil 8 Bulan, Diduga Pelaku Kakak Kandungnya