Find Us On Social Media :

Bahaya Penggunaan Nitrogen Cair Bisa Sebabkan Organ Tubuh Rusak

Bahaya nitrogen cair yang bisa berakhir fatal.

GridHEALTH.id - Kasus keracunan yang terjadi belakangan ini menunjukkan bahaya nitrogen cair yang digunakan dalam olahan pangan.

Kebanyakan korban dalam kejadian ini adalah anak-anak dan bahkan sampai ada yang harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Anak-anak tersebut diketahui mengalami keracunan setelah mengonsumsi jajanan viral chiki ngebul atau cikbul, yang saat penyajiannya dituangkan nitrogen cair.

Cairannya Tak Boleh Dikonsumsi

Nitrogen cair mempunyai titik didih yang sangat rendah, bisa mencapai -196 derajat Celsius.

Umum digunakan dalam berbagai bidang industri, seperti pendingin komputer atau di laboratorium untuk mengawetkan sampel, karena kemampuannya dalam menghasilkan suhu yang sangat rendah.

Baca Juga: Ternyata Mudah! 5 Cara cepat Turunkan Asam Urat di Kaki, Alami

Mengutip laman University of Lethbridge, seiring berjalannya waktu, muncul inovasi penggunaan nitrogen cair untuk makanan.

Digunakan dengan tujuan membuat makanan serta minuman yang dikonsumsi dingin dengan cepat, serta menghasilkan asap yang memukau di udara.

Zat ini mempunyai karakteristik tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mempunyai rasa khusus.

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Dra. Rita Endang, Apt. M.Kes mengatakan, penggunaan nitrogen cair berperan sebagai zat penolong.

Sehingga tidak disarankan mengonsumsi makanan yang sudah ditambahkan dengan zat ini ketika masih ada asapnya.

Baca Juga: Sudah Banyak Kejadian, Meninggal Saat Tidur Seperti Dialami Ibu Indra Birowo, Tidak Melulu karena Serangan Jantung