Find Us On Social Media :

Rutin Minum Air Mineral Bisa Cegah Diabetes, Mitos atau Fakta?

Air mineral mencegah diabetes dengan memengaruhi kadar hormon peningkat gula darah.

GridHEALTH.id - Rutin minum air mineral tidak hanya menjaga tubuh tetap terhidrasi, tapi disebut juga dapat mencegah diabetes.

Diabetes masih menjadi masalah kesehatan dengan jumlah kasus yang tinggi di Indonesia.

Berdasarkan data international Diabetes Federation (IDF) pada 2019, Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara dengan jumlah penyintas diabetes tertinggi.

Diprediksi di seluruh dunia angka kejadian atau prevalensi penyakit ini akan meningkat pada 2030 menjadi 538 juta orang dan 2045 sekitar 700 juta.

Air Mineral Mencegah Diabetes

Penyakit ini tak bisa dikatakan sebagai penyakit orangtua, karena faktanya banyak juga orang usia muda yang sudah mengidapnya.

Kualitas hidup penyintasnya bisa menrun, terutama jika terjadi komplikasi yang menyebabkan pandangan mata kabur dan kemunculan penyakit lainnya.

Oleh karena itu, sebelum terjadi sebaiknya masalah kesehatan yang disebabkan oleh gula darah tinggi ini, maka pencegahan perlu dilakukan.

Dari kabar yang beredar, salah satu cara mengurangi risiko penyakit ini adalah dengan rutin minum air mineral.

Melansir Diabetes.co.uk, sebuah studi pada 2011 lalu menunjukkan hubungan antara asupan air dengan penyakit gula.

Hasil penelitian itu menunjukkan, asupan air yang meningkat dapat mencegah atau menunda terjadinya hiperglikemia serta diabetes.

Para partisipan yang mengonsumsi lebih dari satu liter air per hari risikonya berkurang 28%, dibandingkan dengan orang yang minum kurang dari 500ml air setiap harinya.

 Baca Juga: Selain Idap Diabetes hingga Diamputasi, Suti Karno Mengaku Lakukan Operasi Bisul dan Mendapatkan 39 Jahitan