Find Us On Social Media :

Metode Penyembuhan Ambeien, Mulai dari Obat Tradisional Sampai Operasi

Penyembuhan ambeien mulai dari obat tradisional menggunakan lidah buaya hingga pembedahan.

GridHEALTH.id - Beragam metode penyembuhan ambeien dapat dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan dari penyakit yang dialami.

Ambeien adalah kondisi saat pembuluh darah di sekitar rektum atau di bawah kulit sekitar anus melebar.

Mengutip laman Siloam Hospitals, ada juga teori lain yang menyatakan bahwa kondisi ini terjadi lantaran ada kelainan pada katup vena, sehingga menyebabkan hiperplasia vaskuler dan juga degenerasi jaringan pendukung sekitar dinding anus.

Jenis-jenis Ambeien

Secara umum, penyakit yang juga dikenal dengan nama wasir ini terbagi menjadi dua jenis yang ditentukan berdasarkan bagian yang terdampak.

Wasir internal: Ada di sekitar rektum bagian bawah dan seringkali tidak disadari, karena benjolannya tidak terlihat serta tak menimbulkan rasa nyeri.

Baca Juga: 4 Risiko Memasukkan Bawang Putih ke Hidung untuk Obati Flu, Ahli : 'Itu Tidak Membantu Anda!'

Wasir eksternal: Terjadinya di bawah kulit sekitar anus, ditandai dengan munculnya benjolan dan juga rasa nyeri disertai gatal.

Baik wasir dalam maupun luar, perlu segera diobati untuk menghindari ketidaknyamanan lebih lanjut akibat terjadinya prolaps.

Pilihan Metode Pengobatan Ambeien

Seperti disebutkan sebelumnya, kalau dalam proses penyembuhan terdapat beragam macam pengobatan yang bisa dilakukan mulai dari menggunakan obat tradisional hingga medis.

Dilansir dari Cleveland Clinic, obat tradisional yang dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat penyakit ini di antaranya:

1. Air garam

Berendam menggunakan air garam hangat selama 15 menit, terutama setelah buang air besar dapat mengurangi nyeri yang disebabkan oleh wasir.

Baca Juga: Ambeien Diderita Ibu Hamil, Apakah Bisa Melahirkan Secara Normal?