Find Us On Social Media :

Inilah yang Dimaksud Pengobatan Chiropractic, Apa Saja Manfaatnya Bagi Tubuh?

Pengobatan chiropractic, inilah manfaat dan risiko yang perlu dikenali dari pengobatan komplementer alternatif ini.

GridHEALTH.id – Selain menggunakan pengobatan medis konvensial, saat ini berkembang metode pengobatan lainnya, seperti pengobatan chiropractic.

Pengobatan chiropractic disebut-sebut dapat membantu mengobati penyakit yang sulit diobati dengan pengobatan medis, sehingga sering menjadi pengobatan pendamping.

Di berbagai dunia, chiropractic sudah banyak digunakan sebagai gabungan dalam pengobatan medis, lalu bagaimana sebenarnya manfaat pengobatan chiropractic ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengobatan Chiropractic

Chiropractic adalah ilmu pengobatan yang fokus merawat tulang belakang dengan menggunakan tangan untuk memeriksa dan merawat kondisi kesehatan yang berkaitan dengan tulang, otot, dan persendian (masalah musculoskeletal).

Masalah pada sendi dan otot ini dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk pekerjaan, kecelakaan, cedera olahraga, trauma pada kepala dan tubuh, pekerjaan rumah tangga, bahkan tekanan hidup sehari-hari.

Baca Juga: PPKM Dihentikan, Ini Tugas Satgas Covid-19 Saat Ini, Early Warning System Pandemi di Kemenkes

Selain mengobati penyakit pada bagian tulang, sendi, dan otot, chiropractic juga bisa menjadi langkah pencegahan untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan fungsi sendi.

Di Indonesia, penerapan chiropractic ini termasuk dalam pengobatan komplementer alternatif dan tercantum dalam Permenkes No 15 Tahun 2018, mengenai penyelenggaraan pengobatan tradisional komplementer.

Tatalaksana Pengobatan Chiropractic

Ada beragam metode yang bisa dilakukan oleh chiropractor yang bergantung pada permasalahan setiap pasien.

Beberapa bentuk pengobatan chiropractic yang umum dikerjakan adalah manipulasi tulang belakang atau penyesuaian tulang belakang, di mana chiropractor akan menggunakan tangan untuk memberikan kekuatan terkontrol pada sendi tulang belakang.

Selain itu, ada juga teknik lainnya, mulai dari peregangan, mobilisasi sendi, hingga berkaitan dengan saran gaya hidup, perawatan sendi lainnya, terapi fisiologis, dan lain-lain.

Baca Juga: Niat Hati Datangi Chiropractor untuk Sembuh, Setelah dikrtek Kretek Malah Stroke