Find Us On Social Media :

Pengaruh Titik Pijat Refleksi Kaki Bagi Penderita Hipertensi, Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Manajemen penyakit hipertensi, cobalah dengan cara memijat beberapa titik pijat refleksi untuk hipertensi berikut ini.

GridHEALTH.id - Hipertensi menjadi salah satu penyakit tidak menular yang banyak diderita masyarakat.

Orang dengan hipertensi apabila gaya hidupnya tidak dijaga, maka sangat berisiko terjadi komplikasi yang dapat memicu kematian.

Oleh karena itu diperlukan perubahan gaya hidup sehat dan manajemen penyakit dengan titik pijat refleksi untuk hipertensi.

Apa Itu Hipertensi?

Hipertensi atau dikenal dengan tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana pembuluh darah mengalami peningkatan tekanan secara terus menerus.

Jika tekanan darah tidak kunjung menurun, maka orang hipertensi biasanya memerlukan konsumsi obat seumur hidup, bila tidak ingin terjadi masalah seperti penyakit kardiovaskular hingga serebrovaskular, mulai dari stroke dan penyakit jantung koroner.

Ketahuilah WHO menyebutkan hipertensi menjadi penyebab utama kematian dini di seluruh dunia, akibat komplikasi hipertensi. Segera bawa ke dokter jika merasakan dada sesak, serangan jantung, hingga detak jantung yang tidak biasa.

Penyebab Hipertensi

Hipertensi disebabkan oleh tekanan darah tinggi dalam waktu yang lama, kondisi ini dipicu oleh berbagai macam faktor risiko, seperti:

- Konsumsi makanan tinggi garam, lemak jenuh, dan kurang buah serta sayur

- Tidak aktif berolahraga

- Merokok dan konsumsi alkohol

- Obesitas.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Mahasiswa UNY Jadi Viral, Terungkap Kehidupan Riska yang Penuh Pelik Demi Kuliah dan Meninggal Dunia karena Sakit yang Diidapnya