Find Us On Social Media :

Manfaat Puasa Secara Umum dan Khusus Bagi Kesehatan di Bulan Ramadhan

Puasa dan manfaatnya secara umum dan khusus bagi kesehatan.

GridHEALTH.id - Tak berapa lam lagi, insyaallah pertengan bulan Maret 2023, umat Muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadan.

Ada banyak manfaat di bulan Ramadan, salah satunya manfaat dari puasa yang wajib dijalankan selama satu bulan penuh di siang hari.

Manfaat puasa bagi setiap orang akan berbeda-beda, namun dalam menjalankan-nya ada beberapa hal yang bisa kita rasakan bersama. Hal ini disampaikan dalam hadis sebagai berikut,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ مَا شَاءَ اللَّهُ يَقُولُ اللَّهُ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ“Setiap amal anak Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kebaikan sekehendak Allah, Allah berfirman, “Kecuali puasa, puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, ia tinggalkan makan dan minumnya karena Aku.

Baca Juga: Pilihan Obat Minum untuk Jerawat yang Aman Digunakan dan Ada di Apotek

Orang yang berpuasa itu mempunyai dua kebahagiaan, satu kebahagiaan ketika tiba waktu berbuka, dan satu kebahagiaan lagi ketika berjumpa dengan Rabbnya. Dan sungguh, bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari bau minyak kesturi. ” (HR Ibnu Majah).

Dari kaca mata kesehatan, puasa satu bulan penuh di Ramadan tidak bisa dipungkiri, banyak dan akan terasa langsung bagi yang menjalankannya.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Menurut Dekan FKUI Ari Fahrial Syam, dilansir dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (6/04/2021), manfaat puasa membuat yang menjalankannya sehat. Hal ini terjadi karena dalam berpuasa ada pembatasan asupan makanan, keteraturan makan dan pengendalian diri.

Nah, ketiga unsur ini adalah sesuatu yang seharusnya konsisten dilaksanakan baik pada saat berpuasa dan setelah berpuasa.

Hal itu dibuktikan dari hasil banyak penelitian sebelumnya, yang menunjukkan bahwa orang yang berpuasa Ramadan selama 1 bulan penuh akan mempunyai daya tahan tubuh lebih baik dibandingkan dengan yang tidak berpuasa.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Kuku Kaki dan Tangan, Tidak Melulu Tengkuk Pegal dan Kaku

Tentu hal ini juga berharap membawa manfaat untuk mencegah terinfeksi virus SARS-Cov-2.