Find Us On Social Media :

Manfaat Berpuasa, Menurunkan Berat Badan Hingga Cegah Penuaan

Puasa dapat dijadaikan gaya hidup yang menyehatkan.

GridHEALTH.id - Puasa adalah kondisi di mana tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurun waktu tertentu.

Tak hanya berkaitan dengan ibadah, bagi sebagian orang berpuasa menjadi bagian dari gaya hidup.

Misalnya intermittent fasting, di mana mengatur seseorang untuk makan dan minum serta menahannya dalam kurun waktu tertentu.

Salah satu pembagian waktu yang populer dalam jenis puasa ini, yakni 16:8 yang artinya dibebaskan makan selama 8 jam dan kemudian berpuasa 16 jam.

Efek Berpuasa Bagi Kehidupan

Alasan banyak orang yang menerapkan kebiasaan baik ini sebagai gaya hidupnya, tak lain karena manfaat puasa yang bisa didapatkan.

1. Berat badan turun

Dilansir dari Everyday Health, kebanyakan orang yang berpuasa sebagai gaya hidup memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di the Canadian Family Physican, intermitten fasting khususnya berkontribusi dalam penurunan berat badan orang yang obesitas.

Para peneliti memperoleh hasil tersebut setelah mempelajari data dari 27 studi dan menemukan berpuasa menurunkan berat badan 13 persen.

Ini dapat bekerja secara efektif sebagai pembatasan kalori.

2. Meningkatkan fungsi otak

Berpuasa secara tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan mental dan konsentrasi.Ada sebuah penelitian di Molecular Psychiatry pada 2021 yang menjadi landasan hal tersebut.

Baca Juga: Cara Mengonsumsi Kurma yang Benar, Dimakan saat Sahur atau Buka Puasa?

Penelitian tersebut menemukan bahwa berpuasa setiap hari dapat meningkatkan daya ingat.