Find Us On Social Media :

Tips Mengatasi Kerongkongan dan Tenggorokan Kering Saat Berpuasa

Tenggorokan kering saat puasa, berikut ini tips mengatasinya.

GridHEALTH.id – Menjalankan puasa selama sebulan penuh selain untuk menunaikan ibadah, juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun demikian, perubahan kebiasaan dan pola makan seringkali menimbulkan beberapa kondisi yang mengganggu kesehatan.

Salah satu kendala yang seringkali dihadapi oleh orang yang berpuasa adalah tenggorokan dan kerongkongan terasa kering. Untuk mengatasi kondisi ini, berikut ulasan terkait beberapa tips mengatasi tenggorokan kering saat puasa yang bisa dilakukan.

Gejala Tenggorokan Kering Saat Puasa

Tenggorokan kering terjadi dari suatu kondisi di mana mulut tidak menghasilkan air liur yang cukup dan akhirnya menyebabkan atau memperburuk gejala kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Gejala yang terjadi saat tenggorokan kering, biasanya berupa munculnya gatal di area tenggorokan bagian dalam dan gatal ini dapat berubah menjadi sakit.

Tips Mengatasi Tenggorokan Kering Saat Puasa

Untuk mengatasi tenggorokan kering saat puasa, cobalah terapkan beberapa tips mengatasi tenggorokan kering saat puasa berikut ini:

1. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Vitamin C yang didapat dari makanan dan minuman tertentu dapat membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan, serta meningkatkan daya tahan tubuh saat menjalani ibadah puasa.

Konsumsi jeruk, jambu biji merah, kiwi, stroberi, anggur dan lain sebagainya saat berbuka puasa adalah opsi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C saat puasa.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Garam mengandung sifat anti-inflamasi yang mampu mengatasi sakit tenggorokan, sehingga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi tenggorokan kering setelah menjalani puasa seharian penuh.

Cukup masukkan garam secukupnya ke dalam air hangat, dan untuk hasil yang maksimal tambahkan madu ke dalam campuran tersebut.

Berkumurlah dengan larutan ini saat berbuka puasa atau saat sahur, untuk mengatasi tenggorokan maupun kerongkongan yang kering bahkan bengkak.

3. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Dokter Nasser Al Malik, direktur Klinik Gigi Virginia di Dubai dan ketua Konferensi Gigi Internasional UEA dan Pameran Gigi Arab (AEEDC), menyarankan pasiennya untuk mengunyah permen karet bebas gula untuk menjaga kebersihan mulut setelah mengonsumsi makanan dan minuman selama puasa.

Baca Juga: Perut Terasa Begah Setelah Buka Puasa di Awal Ramadan, ini Solusinya

Hal ini adalah tips untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut, sehingga kerongkongan tetap terjaga kesehatannya.

4. Minum Air Putih Dengan Cukup

Walaupun menjalani puasa, minum air putih sebanyak 8 gelas per hari adalah suatu kewajiban.

Minum satu gelas setiap satu atau dua jam hingga sahur agar tetap terhidrasi sepanjang hari berikutnya, yang juga membantu mulut agar tidak terlalu kering saat berpuasa.

Konsumsi air putih yang cukup akan menjaga kadar air yang diperlukan dalam mulut dan kerongkongan.

5. Konsumsi Sup dan Kurangi Gorengan

Walau gorengan terlihat menggoda sebagai takjil, ada baiknya jika mengurangi konsumsi minyak saat berpuasa.

Sebaliknya, perbanyak konsumsi masakan berkuah hangat untuk menjaga kadar air tenggorokan. 

Jika memungkinkan, konsumsi makanan berkuah dengan kandungan asam jawa.

Menurut penelitian, kandungan asam jawa dapat membunuh bakteri dalam tubuh dan melawan peradangan yang terjadi.

6. Beristirahat Dengan Cukup

Tips mengatasi tenggorokan kering saat puasa adalah dengan tidak lupa untuk beristirahat dengan cukup pada malam hari, atau tidur siang sekitar 30 menit.

Dengan beristirahat maka dapat membantu tubuh dalam melawan penyakit atau virus penyebab kerongkongan atau tenggorokan yang terinfeksi tersebut.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika gatal di kerongkongan dan tenggorokan kering tidak kunjung hilang setelah satu minggu, maka ada baiknya mengunjungi dokter untuk mengatasi hal ini. (*)

Baca Juga: Penyebab Susah BAB Saat Puasa Diawal Ramadan, Berikut Tips Aman Mengatasinya yang Bisa Dicoba