Find Us On Social Media :

Titik Pijat Sakit Kepala Akibat Vertigo, Bisa Dilakukan Saat Serangan Muncul

Serangan vertigo membuat seolah lingkungan sekitar berputar, coba redakan gejalanya dengan memijat titik pijat vertigo berikut ini.

GridHEALTH.id – Merasakan pusing hingga lingkungan sekitar seolah berputar, menjadi salah satu gejala yang umum dialami oleh penderita vertigo. Saat serangan muncul, orang dengan vertigo akan merasakan lemas bahkan mual dan harus segera duduk atau berbaring.

Bagi penderita vertigo, ketika serangan muncul, cobalah untuk meredakannya dengan melakukan titik pijat vertigo seperti ulasan berikut ini, yang bisa dilakukan di rumah.

Apa Itu Vertigo?

Vertigo merujuk pada kondisi saat penderitanya merasakan pusing dan seolah sekelilingnya seperti berputar. Kondisi ini sebenarnya bisa menjadi salah satu gejala dari masalah kesehatan lainnya, namun seringkali dianggap menjadi salah satu jenis penyakit.

Kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Biasa menyerang orang yang berusia 20 tahun ke atas.

Serangan awal umumnya terjadi selama beberapa jam, dapat kambuh apabila tidak segera ditangani dengan cepat.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Mengobati Nyeri Sendi Pergelangan Tangan, Anti Kambuh

Gejala Vertigo

Gejala vertigo yang paling umum adalah pusing berat dan merasa lingkungan sekitarnya berputar, semakin terasa gejalanya saat seseorang menggerakkan kepala.

Dalam kasus tertentu, vertigo bisa membuat penderita sulit membuka mata. Beberapa gejala lain yang dialami ketika vertigo, yaitu:

- Mual dan muntah

- Keringat berlebih

- Mengalami gangguan pendengaran

Baca Juga: Jika Mengalami Sakit Kepala Vertigo? Pijat Bagian Tubuh Ini, Segar Rasanya

- Kehilangan keseimbangan

- Nyeri kepala

- Menggerakkan mata tanpa disengaja

- Telinga terasa berdengung.

Penyebab Vertigo

Penyebabnya cukup bervariasi dan bergantung pada jenis vertigo yang dialami, yaitu vertigo peripheral dan central. Vertigo peripheral menjadi jenis vertigo yang umum, penyebabnya adalah gangguan pada telinga bagian dalam yang berfungsi mengatur keseimbangan tubuh.

Baca Juga: Mudah Marah dan Emosi Tidak Stabil Saat Berpuasa? Coba Atasi dengan Tips Ini

Penyebabnya bisa dikarenakan riwayat cedera kepala, peradangan dan infeksi telinga dalam (labirinitis), peradangan pada saraf telinga yang terhubung dengan otak (vestibular neuronitis), kelainan cairan endolimfa yang ada di telinga dalam (penyakit meniere), dan gangguan pada vestibular telinga karena perubahan posisi dan gerakan kepala secara tiba-tiba (benign paroxysmal positional vertigo/BPPV).

Selain itu untuk vertigo central adalah vertigo yang disebabkan oleh masalah otak, khususnya otak kecil (cerebellum).

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh migrain, gangguan sistem saraf pusat (multiple sclerosis), tumor jinak yang tumbuh di dalam saraf penghubung telinga dan otak (neuroma akustik), tumor otak, hingga stroke.

Titik Pijat Vertigo

Untuk meredakan gejala vertigo saat terjadi serangan tiba-tiba, cobalah untuk melakukan pijatan sesuai dengan titik pijat vertigo berikut ini:

1. Titik Baihui

Titik pijat vertigo ini terletak tepat di tengah atas kepala. Manfaat titik pijat ini selain untuk vertigo, juga bisa mengurangi gejala flu, sinus, sakit kepala, hingga hipertensi.

Baca Juga: Dua Cara Cepat Mengobati Sariawan Saat Puasa, Bikin Ibadah Nyaman

2. Titik Fengchi

Titik pijat vertigo lainnya adalah titik fengchi yang berada pada tulang atau tonjolan tepat di batas garis rambut, di bawah tulang oksipital kepala.

Dengan memijat titik pijat ini, diharapkan bisa meredakan vertigo sekaligus sakit kepala, otot kaku, flu, dan demam pada anak.

3. Titik Yongquan

Untuk menemukan titik pijat yongquan dalam meredakan vertigo, maka ada pada cekungan di tengah sepertiga bagian depan telapak kaki.

Manfaat lainnya dari titik pijat ini adalah untuk mengatasi penglihatan rabun, suara yang hilang, sakit kepala bagian atas, masalah tenggorokan, kehilangan kesadaran, epilepsi pada anak, hingga skizofrenia.

4. Titik Zhongzhu

Titik pijat ini terletak di punggung tangan, antara tulang jari manis dan kelingking. Selain menjadi titik pijat vertigo, titik zhongzhu juga biasa digunakan untuk mengatasi sakit kepala.

Selain melakukan pijatan pada beberapa titik pijat vertigo di atas, orang yang sering mengalami gejala vertigo ada baiknya untuk menghindari gerakan jongkok, membungkuk, atau mendongakkan kepala secara cepat, menghindari gerakan tiba-tiba, lakukan gerakkan kepala dengan perlahan, mengenali faktor pemicu vertigo, segera duduk atau berbaring ketika vertigo menyerang. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat mengurangi gejala terjadinya vertigo.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika vertigo tidak kunjung sembuh dan sering kembali, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter. Selain itu segera kunjungi rumah sakit, jika sakit kepala parah, sedang sakit atau merasa sangat sakit, memiliki suhu yang sangat tinggi atau merasa panas dan menggigil ketika vertigo menyerang. (*)

Baca Juga: Redakan Asam Lambung Dengan Pijatan pada Tangan, Begini Caranya!