Find Us On Social Media :

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Kurap di Kulit, Bisa dengan Pepaya atau Bahan Alami Lainnya Berikut Ini

Enzim dari pepaya dapat menghilangkan jamur penyebab kurap.

GridHEALTH.id - Kurap adalah salah satu dari sekian banyak penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.

Orang yang terinfeksi, akan muncul bercak kemerahan di kulitnya dengan bentuk menyerupai lingkaran.

Tak berhenti sampai di situ, bercak tersebut terkadang juga terasa gatal. Untuk mengatasinya, biasa digunakan obat anti jamur topikal atau oral, tergantung bagian tubuh yang terinfeksi.

Pengobatan umumnya berlangsung selama 2-4 minggu, ditambah satu minggu setelahnya, untuk memastikan jamur benar-benar hilang.

Namun tak hanya persoalan perkembangan jamur di kulit saja yang perlu jadi perhatian, ada kalanya penyakit kulit ini meninggalkan bekas luka di kulit.

Kondisi ini, lebih banyak dialami oleh orang yang mempunyai kulit sensitif. Mengutip Healthline, bekas kurap cenderung memiliki warna agak kecoklatan atau lebih gelap dari warna kulit dan datar.

Jaringan parut yang terbentuk akibat penyakit ini bisa bersifat permanen, tapi ada juga yang akan memudar seiring waktu.

Cara Menghilangkan Bekas Kurap

Akan tetap tak perlu khawatir, karena ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas kurap, di antaranya:

1. Pepaya

Dilansir dari Only My Health, pepaya tidak hanya dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan, tapi juga mengatasi permasalahan pada kulit.

Pepaya yang masih mentah memiliki enzim yang membantu menghilangkan sel-sel mati dari lapisan luar kulit, tempat terjadinya kurap.

Cukup potong pepaya menjadi beberapa bagian dan gosokkan langsung ke area yang terinfeksi selama 10-15 menit. Ulangi cara ini dua kali sehari. 

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Kurap di Selangkangan yang Bikin Tak Nyaman