Find Us On Social Media :

Redakan Sakit Gigi Geraham Bawah Dengan 5 Titik Pijat Akupresur

Redakan sakit gigi geraham bawah dengan memijat 5 titik pijat sakit gigi geraham bawah berikut ini.

GridHEALTH.id – Rasa sakit gigi yang terus menerus dan semakin parah pada malam hari tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ada banyak jenis sakit gigi dan penyebabnya yang harus segera diatasi.

Salah satunya adalah sakit gigi geraham bawah. Jika mengalaminya, cobalah redakan gejalanya dengan titik pijat sakit gigi geraham bawah berikut ini. Ketahui juga kapan harus ke dokter, agar tidak semakin parah.

Gejala Sakit Gigi Geraham Bawah

Gigi geraham merupakan gigi yang tumbuh seiring seseorang menjadi dewasa, rasa sakit atau nyeri pada bagian ini bisa berkisar dari tumpul hingga tajam.

Rasa sakit gigi pada bagian geraham seringkali tidak hanya terjadi di bagian geraham bawah. Gejala nyerinya pun beragam tergantung pada penyebabnya.

Namun beberapa gejala sakit gigi geraham bawah dan yang lain, yang umumnya dirasakan, meliputi:

Baca Juga: Rekomendasi Obat Ambeien di Apotek Lengkap dengan Harga Terbaru 2023

- Demam dan rasa sakit yang tajam

- Sakit kepala dan sakit di dekat telinga

- Sakit saat mengunyah

- Kepekaan terhadap makanan dan minuman dingin dan panas

- Tekanan sinus

- Gusi bengkak atau berdarah

- Di dekat rahang terasa lembut

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Sakit Gigi, Salah Satunya Dengan Titik Pijat Bagian Tubuh Ini

 

- Berdenyut di rahang dan otot rahang yang kencang

- Nyeri yang semakin parah pada malam hari.

Penyebab Sakit Gigi Geraham Bawah

Bicara mengenai penyebab sakit gigi geraham bawah sama dengan gigi geraham lainnya, ada beragam penyebabnya.

Beberapa penyebab sakit gigi geraham bawah yang bisa terjadi yaitu karena abses gigi, gigi berlubang, kerusakan gigi, pulpitis, infeksi gusi, tambalan yang retak atau gigi retak, impaksi, infeksi sinus, dan lainnya.

Titik Pijat Sakit Gigi Geraham Bawah

Berikut ini beberapa titik pijat sakit gigi geraham bawah yang bisa dicoba tekan dan pijat untuk mengurangi gejalanya, yaitu:

1. Titik Hegu

Titik pijat sakit gigi geraham bawah yang pertama ada di titik hegu, yang terletak di punggung tangan, tepatnya di cekungan antara ibu jari dan jari telunjuk.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kurap Cukup dengan Pasta Gigi, ini Penjelasannya!

Ini merupakan titik pijat dari beragam penyakit, termasuk meredakan semua jenis sakit gigi. Cobalah tekan selama satu menit, hati-hati bagi ibu hamil dalam memijat titik ini karena berisiko kontraksi.

2. Titik Xiaguan

Titik pijat ini berada di bagian depan daun telinga, dekat dengan tulang pipi, coba tekan dan gosok titik pijat sakit gigi geraham bawah ini selama satu menit.

Rasakan juga manfaat lainnya dari memijat titik ini, seperti masalah sendi di rahang, nyeri rahang bawah, sakit gigi, pipi bengkak, nyeri wajah, penyakit telinga, dan lainnya.

3. Titik Fengchi

Titik pijat sakit gigi geraham bawah yang lain adalah titik fengchi, yang terletak di belakang leher, tepat di bawah bagian belakang tengkorak, dilekukan tepi luar dua tendon besar, yang setara dengan tingkat cuping telinga.

Manfaatnya adalah selain meredakan sakit gigi juga bisa mengatasi sakit leher dan kepala, terkait juga dengan kesehatan mata.

4. Titik Yangxi

Titik pijat ini terletak di sisi radial lipatan melintang pergelangan tangan, di cekungan antara tendon m.ekstensor polisis longus dan brevis.

Titik ini bermanfaat untuk meredakan sakit gigi, sakit tenggorokan, sakit kepala, gangguan mata, gangguan telinga, alergi, insomnia, dan lainnya.

5. Titik Daying

Titik pijat sakit gigi geraham bawah lainnya adalah titik daying yang berada tepat di anterior angulus rahang, pada depresi di batas anterior otot masseter.

Dengan memijat titik ini maka dapat meredakan sakit gigi geraham bawah, meredakan bengkak pada pipi, nyeri di wajah, hingga kelumpuhan wajah.

Kapan Harus ke Dokter?

Memeriksakan segera sakit gigi geraham bawah bisa menjadi langkah pencegahan yang baik, apalagi jika usaha meredakan gejala dengan titik pijat sakit gigi geraham bawah tidak kunjung membaik.

Hal ini karena menunda diagnosis dan pengobatan nyeri gigi geraham hanya dapat menyebabkan masalah gigi yang lebih serius nantinya. (*)

Baca Juga: Sakit Gigi Muncul Segera Pijat di 10 Titik pada Tubuh Berikut Ini, Langsung Terasa Manfaatnya