Find Us On Social Media :

7 Cara Mencegah Penyakit Ginjal Terjadi, Salah Satunya Rutin Minum Air Putih 2 Liter per Hari

Minum air putih dua liter per hari jadi cara mudah untuk jaga ginjal sehat, kenali cara mencegah penyakit ginjal lainnya.

GridHEALTH.id – Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik hanya akan membuat penumpukan limbah dalam tubuh, hasilnya akan berdampak pada kesehatan seseorang secara umum.

Alangkah baiknya sebelum terjadi hal buruk, maka lebih baik seseorang melakukan tujuh cara mencegah penyakit ginjal berikut ini, dimulai dari kebiasaan sehari-hari seperti rutin minum air putih dua liter per hari.

Fungsi Ginjal Sehat

Ginjal merupakan organ yang berbentuk seperti kacang, dengan masing-masing seukuran telapak tangan.

Letak ginjal berada di bawah tulang rusuk kiri dan kanan.

Fungsi ginjal sehat yang tidak bisa digantikan oleh organ tubuh lainnya. Karenanya harus dijaga, yaitu:

Baca Juga: Benarkah Kulkas Sarang Penyakit? Coba Simak Besar Kemungkinannya

- Mengeluarkan produk limbah dari dalam tubuh

- Menyeimbangkan cairan tubuh, agar saraf, otot, dan jaringan lain bisa berfungsi normal

- Melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah

- Menghasilkan bentuk aktif vitamin D yang mendukung tulang kuat dan sehat

- Mengontrol produksi sel darah merah.

Jenis Penyakit Ginjal

Ginjal rusak bisa menyebabkan penyakit karena tidak ada lagi organ tubuh yang berfungsi untuk menggantikan fungsi ginjal.

Secara garis besar, ada dua jenis penyakit ginjal, yang bersifat akut atau tiba-tiba dan kronis. Di mana untuk penyakit ginjal akut membuat hilangnya fungsi ginjal sementara yang berlangsung kurang dari tiga bulan.

Orang dengan penyakit ginjal akut biasanya dapat sembuh total, namun jika kerusakan yang terjadi cukup signifikan, maka memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis di kemudian hari.

Pada pasien dengan ginjal kronis, umumnya kondisi ginjalnya telah rusak.

Baca Juga: Nyeri Saat Buang Air Kecil, Hati-hati Tanda Ginjal Bengkak! Ini Cara Pengobatannya

Mengataisnya dibutuhkan terapi dialisis atau cuci darah, bisa juga dengan transplantasi ginjal.

Gejala Penyakit Ginjal

Biasanya pada kasus ginjal akut, muncul gejala yang cepat sebagai respons terhadap cedera atau penyakit lainnya yang memengaruhi ginjal, obat-obatan, penyumbatan ginjal, atau faktor lainnya.

Mendeteksi sejak awal adanya kemungkinan terjadi gangguan ginjal bisa menjadi kunci keberhasilan pengobatan, maka kenali berikut ini gejala penyakit ginjal sebelum semakin parah, yaitu:

- Mudah lelah dan sulit berkonsentrasi, tidak ada tenaga

- Insomnia (gangguan masalah tidur)

- Memiliki kulit kering dan bersisik

- Merasa selalu ingin buang air kecil

- Ada darah dalam urin

- Urin terlihat berbusa

- Pembengkakan pada pergelangan dan kaki

Baca Juga: Perlu Diperhatikan! Penyintas Penyakit Ginjal Harus Menjauhi 3 Nutrisi ini

- Tulang terasa sakit/ kram.

7 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Seseorang yang pernah mengalami penyakit ginjal akut, penting untuk memantau kesehatan ginjal dengan baik selama sisa hidup. Begitu pun dengan orang yang masih memiliki ginjal sehat.

Beragam cara mencegah penyakit ginjal bisa dilakukan, setidaknya berikut ini 7 cara mencegah penyakit ginjal:

1. Berhenti merokok

Merokok hanya akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung atau stroke, yang berkaitan dengan peningkatan risiko gangguan ginjal kronis.

2. Batasi konsumsi alkohol

Minum alkohol dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah dan kadar kolesterol naik, yang kemudian memicu terjadinya penyakit ginjal.

3. Olahraga secara rutin

Dengan olahraga secara rutin maka akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit ginjal, karena sekaligus dapat mengontrol tekanan darah. Cobalah untuk olahraga selama 150 menit atau dua jam 30 menit per minggunya.

4. Hati-hati penggunaan obat pereda nyeri

Terlalu banyak konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan aspirin bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal. Jika sangat membutuhkan obat itu maka perhatikanlah dengan baik aturan pakainya.

5. Konsumsi makanan sehat

Cara mencegah penyakit ginjal yang lain adalah konsumsi makanan sehat, artinya yang seimbang antara protein, karbohidrat, dan serat. Batasi konsumsi makanan yang tinggi potasium atau fosfat.

6. Rutin minum air putih

Air membantu ginjal memproduksi urin dengan mudah sebagai media untuk membuang limbah dalam tubuh dari ginjal sehat ke dalam urin. Dianjurkan untuk konsumsi dua liter air per hari.

7. Kontrol penyakit yang mendasari

Beberapa penyakit yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit ginjal adalah tekanan darah tinggi, diabetes, dan lainnya, maka dari itu penting untuk menjaganya dan menjalankan perawatan yang diberikan dokter, agar tetap terkontrol baik.

Sebelum benar-benar terjadi ginjal tidak berfungsi dengan baik, baiknya ikuti cara mencegah penyakit ginjal tersebut. (*)

Baca Juga: Berapa Lama Harus Menjalankan Cuci Darah Bagi Penyintas Penyakit Ginjal?