Find Us On Social Media :

3 Makanan yang Bermanfaat Cegah Risiko Penyakit Jantung, Konsumsi Sekarang!

Konsumsi mulai sekarang berikut ini 3 makanan cegah penyakit jantung.

GridHEALTH.id – Makanan menjadi sumber energi dan pemenuhan kebutuhan tubuh untuk membuat tubuh tetap sehat, termasuk pada penyakit jantung.

Penting untuk mengenali berikut ini tiga makanan cegah penyakit jantung yang bisa menjadi pilihan dalam konsumsi harian dan cara lainnya untuk mencegah penyakit jantung.

Tanda Penyakit Jantung

Ada beragam jenis penyakit jantung yang secara keseluruhan menjadi salah satu penyakit tidak menular dengan beban biaya besar dan tingkat kematian yang tinggi di dunia.

Penyakit ini seringkali tidak disadari dan baru terdeteksi setelah mengalami beberapa tanda seperti serangan jantung, gagal jantung, hingga aritmia. Beberapa tanda penyakit jantung yang biasanya dikenali, yaitu:

- Nyeri dada, punggung atas, atau leher

- Gangguan pencernaan

- Mulas

- Mual atau muntah

- Kelelahan ekstrim

- Sesak napas, dan lainnya

3 Makanan Cegah Penyakit Jantung

Mencegah penyakit jantung, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya, yang bisa dimulai dari makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Kenali Gejala Penyakit Jantung pada Wanita, Seringkali Tidak Disadari

Untuk itu, konsumsi dari sekarang berikut ini 3 makanan cegah penyakit jantung, yaitu:

1. Perbanyak sayur dan buah

Sayur dan buah-buahan menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik, juga rendah kalori dan kaya serat makanan. Selain itu, sayuran dan buah, seperti makanan nabati lainnya mengandung zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Pilihlah sayuran dan buah segar.

2. Protein yang rendah lemak

Ada beragam jenis protein yang rendah lemak dan bisa menjadi salah satu makanan cegah penyakit jantung, seperti daging tanpa lemak, unggas, ikan, produk susu rendah lemak, telur. Beberapa pilihan protein lainnya yang bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan, kedelai dan produknya.

3. Perbanyak biji-bijian

Biji-bijian juga menjadi salah satu makanan cegah penyakit jantung, yang menjadi sumber serat dan nutrisi lain yang baik, berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Oleh karena itu, konsumsi biji-bijian bisa menjadi menu harian dalam pola makan sehat. Beberapa jenis biji-bijian yang bisa dipilih adalah roti gandum, oatmeal, beras merah, tepung gandung, dan biji-bijian utuh lainnya.

Memerhatikan porsi makan juga bisa mencegah penyakit jantung, sehingga mengurangi risiko kelebihan kalori dari seharusnya.

Cara Cegah Penyakit Jantung

Ternyata, selain makanan cegah penyakit jantung, tetapi ada beberapa cara cegah penyakit jantung yang lain, seperti:

- Berhenti merokok

- Menjaga berat badan tetap sehat

- Rajin berolahraga

- Memperbaiki kualitas tidur

- Mengontrol penyakit yang mendasari, seperti kolesterol, gula darah, tekanan darah (*)

Baca Juga: Ini Komplikasi yang Terjadi Akibat Serangan Jantung, Cegah dari Sekarang!