Find Us On Social Media :

Cedera Jangan Dipijat, Ini Efeknya Bila Tetap Nekat Melakukannya

Patah tulang yang tidak ketahuan saat dipijat bisa lebih memburuk.

GridHEALTH.id - Pijat merupakan metode pengobatan tradisional yang masih sering dilakukan sampai sekarang.

Banyak orang yang percaya bahwa pengobatan ini dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan, termasuk cedera.

Namun tahu tidak, kalau sebenarnya memijat tak dianjurkan dijadikan sebagai pertolongan pertama cedera. Mengapa?

Efek Pijat Saat Cedera

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan foot & ankle, dr Astuti Pitarini, SpOT (K), mengatakan, hal yang paling diharapkan oleh dokter adalah pasien tidak telat datang berobat.

Ia tidak menampik fakta bahwa setelah diurut, tekanan yang diterima dari tubuh membuat otot-otot menjadi lebih rileks.

“Secara natural badan kita dibiarin saja sembuh beberapa hari. Cuma, kalau diurut memang sensasinya nyaman, ototnya ada rilisnya,” ujarnya.

Akan tetapi, kebanyakan pasien yang ditemuinya dan sebelumnya sudah berobat ke tukang pijat, kondisi cederanya malah menjadi lebih serius.

“Kalau yang saya sering temukan, pasiennya ada cedera lebih berat. Misalnya patah tulang, terus diurut,” kata dokter Astuti dalam diskusi media, Rabu (22/2/2023) lalu.

“Tukang urut ‘kan kadang nggak tahu ada patah tulang, diurut dikasih obat herbal ditutup. Datang ke dokter, biasanya sudah melepuh kakinya karena obat-obat herbal,” sambungnya.

Dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah ini juga mengatakan, patah tulang yang dialami oleh seseorang juga mungkin menjadi lebih parah.

Selain itu, ia juga mengatakan efek pijat saat cedera lainnya, yakni pembuluh darah yang terganggu dan terdapat kebiruan yang awalnya berukuran kecil, jadi melebar.

Baca Juga: Mengenal Diffuse Axonal Injury Cedera Otak yang Bisa Merenggut Nyawa