Find Us On Social Media :

2 Mindset Penting bagi Pasien Hipertensi, Rutin Minum Obat dan Kontrol ke Dokter

Orang hipertensi sulit minum obat, ketergantungan atau kebutuhan obat? Ini kata dokter terkait pentingnya obat hipertensi.

GridHEALTH.id – Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang memang memerlukan pengobatan seumur hidup. Supaya hipertensi yang diidapnya bisa terus terkontrol, dan penyitas bisa hidup nyaman, dan tetap aktif.

Jadi kuncinya minum obat hipertensi rutin setiap hari sesuai dosis yang dianjurkan dokter.

Sayangnya, konsumsi obat hipertensi dengan rutin masih sering diabaikan oleh para penyintas hipertensi.

Padahal, penting diingat, obat hipertensi adalah kebutuhan untuk memperbaiki kualitas hidup penyintas dari ancaman komplikasi yang lebih serius.

Malasnya penyintas hipertensi rutin minum obat bisa karena beberapa faktor.

Baca Juga: Mulai Merabak Teror Tikus di Pacitan hingga 3 Warga Meninggal Dunia

Berikut penjelasannya dari dr. Antonia Anna Lukito, SpJP (K).

Denial Jadi Alasan Orang Hipertensi Sering Enggan Minum Obat

Dalam Pertemuan Ilmiah ke-17 yang diadakan oleh Indonesian Society of Hypertension (InaSH) beberapa waktu lalu, dan diikuti GridHEALTH.id, dr. Antonia menjelaskan seringkali orang dengan hipertensi masih suka denial dalam konsumsi obat hipertensi.

Saat ditanya lebih lanjut, dr. Antonia menjelaskan ini semua karena kurangnya pengetahuan pasien terkait pemahaman akan pentingnya konsumsi obat hipertensi.

“Kalau kita beritahu, bapak sepertinya sudah mulai darah tinggi lho, respons pertamanya adalah shock, karena mereka tahu hipertensi itu memang penyakit yang memerlukan pengobatan yang lama. Tidak ada orang yang senang dengan obat yang lama,” jelas dr. Antonia terkait alasan yang banyak dijumpai saat seseorang diharuskan minum obat ini.

Obat Hipertensi, Ketergantungan Obat atau Kebutuhan Obat?

Lebih lanjut, dr. Antonia menyampaikan orang hipertensi seringkali memiliki anggapan yang salah dalam melihat obat yang harus diminum setiap hari, dimana mereka menjadikan obat ini sebagai sesuatu yang membuat ketergantungan.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Tourette yang Dialami Lewis Capaldi, Apa Penyebabnya?